Efektivitas media e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas v pada tema 6 panas dan perpindahannya sdn 02 ngabul jepara tahun ajaran 2020/2021

ZAHARA, NABILA NUR (2021) Efektivitas media e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas v pada tema 6 panas dan perpindahannya sdn 02 ngabul jepara tahun ajaran 2020/2021. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media E-Learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 6 Panas dan Perpindahannya muatan Bahasa Indonesia dan PPKn SDN 02 Ngabul Jepara tahun ajaran 2020/2021. E-Learning merupakan suatu bentuk pembelajaran konvensional yang dituangkan ke dalam format digital melalui teknologi internet. Media Edmodo merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial yang menarik bagi guru dan siswa dengan tampilan menyerupai facebook yang di dalamnya memiliki nilai edukasi. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan dalam bidang pengetahuan, keterampilan maupun sikap yang dimiliki seseorang setelah menerima pengalaman belajarnya. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 02 Ngabul dengan subjek penelitian 40 siswa. Penelitian ini berlangsung 3 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media E-Learning berbasis Edmodo sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif. Penggunaan media E-Learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 6 Panas dan Perpindahannya menunjukkan bahwa pada hasil pretest pada muatan Bahasa Indonesia terdapat 20 siswa dinyatakan tuntas sedangkan pada muatan PPKn 25 siswa dinyatakan tuntas dan pada hasil posttest pada muatan Bahasa Indonesia terdapat 34 siswa dinyatakan tuntas sedangkan pada muatan PPKn terdapat 35 dinyatakan tuntas. Uji statistik diperoleh hasil penelitian bahwa (1) terdapat efektivitas media E-Learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar tema 6 Panas dan Perpindahannya pada muatan Bahasa Indonesia diperoleh hasil t hitung sebesar -8,241 dan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 dan PPKn diperoleh hasil t hitung sebesar -9,031 dan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05; (2) terdapat kriteria peningkatan media E-Learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar tema 6 Panas dan Perpindahannya pada muatan Bahasa Indonesia dengan kategori sedang sebesar 0,418 dan PPKn dengan kategori sedang sebesar 0,351. Berdasarkan hasil uji statistik tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media E-Learning berbasis Edmodo efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 6 Panas dan Perpindahannya muatan Bahasa Indonesia dan PPKn serta keseluruhan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dan PPKn dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (I) Dr. Murtono, M.Pd (II) Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-Learning, Edmodo, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2021 21:16
Last Modified: 21 Oct 2021 21:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15852

Actions (login required)

View Item View Item