Analisis penggunaan aplikasi pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa di desa karangmalang

MAWARDA AWALIA, LAYYINA (2021) Analisis penggunaan aplikasi pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa di desa karangmalang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of hal judul]
Preview
Text (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (733kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring serta mendeskripsikan upaya dan kendala yang terjadi dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan aplikasi pembelajaran daring. Penelitian ini membahas tentang penggunaan aplikasi pada pembelajaran daring. Pada pelaksanaan pembelajaran daring aplikasi belajar mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan minat belajar siswa. Aplikasi belajar menjadi salah satu media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dimasa pandemi. Melalui sebuah aplikasi guru dapat memberikan materi maupun tugas dan siswa mampu mengerjakannya dengan baik, dalam hal ini peran guru juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan minat belajar siswa. Guru harus memberikan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak bosan dan pembelajaran tidak terkesan monoton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sebagai tahapan dalam melakukan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 5 siswa kelas IV dan guru kelas IV. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Setelah dilakukan analisis, aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring adalah Whatsapp, Quizizz, dan Tiktok. Aplikasi tersebut dimanfaatkan sebagi alat atau media yang digunakan pada proses pembelajaran daring, selain itu aplikasi tersebut juga berperan sebagai alat untuk berkomunikasi yang menghubungkan antara guru dengan siswa. Kendala yang dialami selama pembelajaran daring berlangsung antara lain, siswa sering mengeluhkan susah sinyal, paket internetnya habis, ruang penyimpanan di handphone sudah penuh, dan juga tidak semua siswa sudah mempunyai handphone sendiri, beberapa siswa masih menggunakan handphone milik orangtua nya, jadi saat pembelajaran daring dimulai tidak semua siswa bisa mengikuti pembelajaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd pembimbing 2 :Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Aplikasi, Minat Belajar, Pembelajaran Daring.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Oct 2021 22:03
Last Modified: 24 Oct 2021 22:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15887

Actions (login required)

View Item View Item