Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Andanawarih, Ninda Ayu (2022) Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Negara Indonesia telah digegerkan dengan adanya sebuah pandemi Covid-19 pada bulan meret 2020. Salah satu dampak Covid-19 ini yang paling terasa yaitu di dunia pendidikan. Model pembelajaran yang tadinya luring kini menjadi daring. Perubahan model pembelajaran yang serba mendadak ini tentunya memberikan kesulitan – kesulitan bagi yang menerapkannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan bentuk kesulitan – kesulitan pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus 2) mendeskripsikan solusi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan – kesulitan pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus. Pembelajaran daring atau yang sering disebut dengan pembelajaran dalam jaringan merupakan model pembelajaran yang menggunakan bantuan teknologi. Mahasiswa tidak perlu datang ke ruang kelas untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar melainkan pembelajaran dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi yang bisa digunakan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kampus Universitas Muria Kudus prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini yaitu 20 mahasiswa semester V kelas G prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan pembelajaran daring yang dialami oleh mahasiswa semester V meliputi kesulitan teknisi dan kesulitan beradaptasi. Untuk mengatasi kesulitan – kesulitan tersebut diperlukan sebuah solusi untuk mengatasi kesulitan pembelajaran daring yang dialaminya. Kesulitan teknisi pemakaian jumlah kuota yang banyak solusinya melakukan penghematan pemakaian kuota, kesulitan beradaptasi tugas kuliah yang menumpuk solusinya mengerjakan tugas kuliah dengan tepat waktu. Kesimpulan penelitian ini yaitu kesulitan pembelajaran daring yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria kudus antara lain kesulitan teknisi dan kesulitan beradaptasi. Solusi yang digunakan oleh mahasiswa untuk mengatasi kesulitan tersebut antara lain menghemat dalam pemakaian jumlah kuota, mengerjakan tugas dengan tepat waktu, keluar rumah untuk mencari sinyal provider.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (I) Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Kesulitan Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Mar 2022 05:08
Last Modified: 19 Mar 2022 05:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16007

Actions (login required)

View Item View Item