Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Pada Pandemi Covid 19 Di Sdn Karaban 01

Anggraeni, Pipin Novia (2022) Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Pada Pandemi Covid 19 Di Sdn Karaban 01. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (768kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Peran seorang guru di sekolah sangat menentukan mutu pendidikan saat ini. Seorang guru diharapkan mampu menjadikan peserta didik yang berkualitas, baik dari segi akademis, ketrampilan, emosional, serta spiritualnya. Ada banyak cara menjadi guru yang kreatif dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam proses belajar. Proses pembelajaran daring dirumah orang tua memiliki peran penting dalam mengoptimalkan pembelajaran daring di rumah. Dalam hal ini, orang tua dituntut untuk lebih dekat dengan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam pembelajaran daring di SDN Karaban 01 di desa karaban kecamatan gabus kabupaten Pati. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data diperoleh melalui reduksi data, panyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan memperpanjang pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini diperoleh hasil, yang pertama peran guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDN Karaban 01 meliputi peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai pelatih, peran guru sebagai model dan teladan, peran guru evaluator, peran guru sebagai pengadministarian, peran guru sebagai motivator. Kedua, peran orang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDN Karaban 01 meliputi peran orang tua sebagai pembimbing bagi anak, peran orang tua sebagai pendamping belajar bagi anak, peran orang tua sebagai fasilitator bagi anak, peran orang tua sebagai motivator anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Dr. Erik Aditia Ismaya , S.Pd.,M.A (II) Wawan Shokib Rondli, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Guru dan Orang tua, Pembelajaran Daring.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:47
Last Modified: 22 Mar 2022 03:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16018

Actions (login required)

View Item View Item