Ristianika, Ristianika (2022) Interaksi Sosial Anak Usia 9 Tahun Dalam Pembelajaran Daring Di Desa Sugihan RW01. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk interaksi sosial anak usia 9 tahun dalam pembelajaran daring. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial anak usia 9 tahun dalam pembelajaran daring di desa Sugihan RW01. Peneliti ini membahas tentang bentuk interaksi sosial dan faktor yang mempengaruhi interaksi sosial anak di desa sugihan RW01 dengan adanya bentuk interaksi sosial maka anak membantu orang tua menyelesaikan tugas rumah sebelum pembelajaran daring berlangsung, anak berinteraksi sosial dengan sopan dan baik dengan orang yang lebih tua Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di desa Sugihan RW01 Kecamatan Winong Kabupaten Pati dengan subjek penelitian 6 anak kelas IV dan 6 orang tua anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan penelitian triangulasi data, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan /verifikasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan anak di desa Sugihan RW01 sudah menerapkan bentuk interaksi sosial asosiatif saat pembelajaran daring dimulai siswa membantu orang tuanya menyelesaikan tugas rumah dengan adanya kerja sama orang tua dan anak dapat berinteraksi dengan baik. Faktor yang mempengaruhi anak dalam melakukan pembelajaran daring, bahwa anak disiplin dalam mengerjakan tugas sekolah selama pembelajaran daring berlangsung, maka anak ada yang bermalas-malasan dan ada juga anak yang giat dalam mengerjakan tugas tanpa bermalas-malasan selama pembelajaran daring berlangsung selama pandemic covid-19, anak juga dapat menerapkan sopan santun dalam berinteraksi sosial dengan teman, orang yang lebih tua maupun dengan gurunya. Anak di desa Sugihan RW01 sudah menerapkan bentuk interaksi sosial saat pemebelajaran daring dimulai dengan siswa membantu orang tua dalam menyelesaikan tugas rumah dengan adanya kerja sama orang tua dan anak dapat berinteraksi dengan baik. Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial bahwa anak sudah menerapkan sikap disiplin dan dapat berinteraksi dengan orang yang lebih tua.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd. (2) Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Interaksi sosial dan Pembelajaran Daring. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 07:54 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 07:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
