Pengembangan buku muatan lokal ornamen seni ukir berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran kolaboratif untuk kelas v sekolah dasar

Imron, Muhammad Ali (2022) Pengembangan buku muatan lokal ornamen seni ukir berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran kolaboratif untuk kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
halaman judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk buku muatan lokal ornament seni ukir berbasis kearifan lokal yang layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran bagi siswa kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Jepara baik dari aspek apresiasi dan kreasi.Kearifan lokal merupakan identitas atau kepribadian budaya sebuah bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap, bahkan mengolah kebudayaan yang berasal dari luar/bangsa lain menjadi watak dan kemampuan sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reseach and Developmet) dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data antara lain wawancara, observasi, angket, studi dokumentasi, dan uji tes (T-test), sedangkan teknik data kuantitatif menggunakan teknik statistik-diskriptik yang diarahkan pada kevalidan dan keefektifan produk buku tersebut. Hasil penelitian dari aspek kelayakan ornamen dengan skor 3,42 dengan kategori cukup layak. Aspek kelayakan penyajian buku dengan skor 3,62 dengan kategori layak. Aspek kelayakan materi/isi dengan skor 3,58 dengan kategori layak. Aspek kelayakan kebahasaan dengan skor 3.69 dengan kategori layak. Kesimpulan dari penelitian ini buku pembelajaran dikatakan layak untuk diimplementasikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr.Drs. Murtono, M.Pd 2. Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: ornamen seni ukir, kearifan lokal, pembelajaran kolaboratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:45
Last Modified: 24 Mar 2022 03:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16124

Actions (login required)

View Item View Item