Imron, Muhammad Ali (2022) Pengembangan buku muatan lokal ornamen seni ukir berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran kolaboratif untuk kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
halaman judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (471kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (975kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (936kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (448kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk buku muatan lokal ornament seni ukir berbasis kearifan lokal yang layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran bagi siswa kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Jepara baik dari aspek apresiasi dan kreasi.Kearifan lokal merupakan identitas atau kepribadian budaya sebuah bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap, bahkan mengolah kebudayaan yang berasal dari luar/bangsa lain menjadi watak dan kemampuan sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reseach and Developmet) dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data antara lain wawancara, observasi, angket, studi dokumentasi, dan uji tes (T-test), sedangkan teknik data kuantitatif menggunakan teknik statistik-diskriptik yang diarahkan pada kevalidan dan keefektifan produk buku tersebut. Hasil penelitian dari aspek kelayakan ornamen dengan skor 3,42 dengan kategori cukup layak. Aspek kelayakan penyajian buku dengan skor 3,62 dengan kategori layak. Aspek kelayakan materi/isi dengan skor 3,58 dengan kategori layak. Aspek kelayakan kebahasaan dengan skor 3.69 dengan kategori layak. Kesimpulan dari penelitian ini buku pembelajaran dikatakan layak untuk diimplementasikan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr.Drs. Murtono, M.Pd 2. Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | ornamen seni ukir, kearifan lokal, pembelajaran kolaboratif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 03:45 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 03:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16124 |
Actions (login required)
View Item |