Pengembangan modul berbasis cerita rakyat pati sebagai bahan referennsi

NI’MAH, SAFAATUN (2022) Pengembangan modul berbasis cerita rakyat pati sebagai bahan referennsi. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian adalah rendahnya kemampuan literasi siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Winong Pati dan rendahnya pengetahuan siswa tentang budaya daerahnya . Rendahnya kemampuan literasi serta budaya dan kearifan lokal daerahnya disebabkan karena kurangnya bahan referensi untuk literasi yang ada di sekolah yang berbasis kearifan lokal daerah Pati. . Maka diperlukan pengembangan modul yang berbasis cerita rakyat Pati untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa tentang budaya daerahnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengnalisis kebutuhan tentang modul yang berbasis cerita rakyat Pati pada siswa kelas V sekolah dasar. 2) mendesain pengembangan modul berbasis cerita rakyat rah Pati sebagai bahan referensi untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V sekolah dasar. 3) menganalisis kelayakan berbasis cerita rakyat Pati untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V sekolah dasar. 4) enganalisis efektivitas berbasis cerita rakyat Pati sebagai bahan referensi untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development dengan langkah-langkah dari Borg dan Gall . engumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Analisis data dengan uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas, uji daya beda dan uji tingkat kesukaran soal), uji prasyarat analisis (uji normalitas dan homogenitas), Uji kelayakan dari validasi ahli media dan ahli materi. uji keefektifan (uji independent sample t test, paired t tess) Hasil penelitian adalah 1) diperlukan pengembangan modul berbasis kearifan lokal ssesuai dengan analisis kenutuhan bahan referensi untuk kegiatan literasi 2) pengembangan modul berbasis kearifan lokal berupa modul berbasis cerita rakyat Pati yang terdiri dari cerita rakyat pati yang turun temurun yang diperoleh dengan wawancara terhadap tokoh masyarakat, tokoh agama dan leterasi pada perpustakaan daerah Pati. Modul berbasis cerita rakyat Pati ini diharapkan sebagai buku bacaan dan refransi untuk kegiatan literasi. 3) modul berbasis cerita rakyat Pati dinyatakan layak digunakan untuk referensi guna meningkatkan kemampuan literasi siswa berdasarkan uji kelayakan dangan hasil validasi media sebesar 92 dengan katagori sangat layak digunakan dan hasil validasi materi sebesar 46 dengan kriteri baik 4) modul berbasis cerita rakyat Pati efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Winong Pati. Keefektifan modul berbasis cerita rakyat Pati berdasarkan uji coba produk secara terbatas dan uji coba produk secara luas dengan hasil t hitung > t tabel. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan modul berbasis cerita rakyat Pati layak digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V sekolah dasar. Saran sesuai kesimpulan adalah guru dapat menggunakan odul berbasis cerita rakyat Pati sebagai alternatif referensi untuk kegiatan literasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Murtono, M. Pd., Pembimbing II) Dr. Moh Kanzunnudin, M. Pd.
Kata Kunci: Modul, Cerita Rakyat Pati, Kemampuan Literasi
Subjects: Geografi. Antropologi. Rekreasi > Cerita rakyat
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Membaca (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:54
Last Modified: 25 Mar 2022 07:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16149

Actions (login required)

View Item View Item