Analisis sentimen terhadap xiaomi indonesia menggunakan metode naïve bayes

Utami, Ranita Wahyu (2022) Analisis sentimen terhadap xiaomi indonesia menggunakan metode naïve bayes. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Seiring berkembangnya teknologi, hampir seluruh aspek kehidupan manusia menggunakan teknologi untuk membantu tugasnya. Peran teknologi pada pekerjaan, dunia pendidikan, maupun sebagai hiburan. Salah satu perusahaan elektronik yang digandrungi masyarakat adalah brand Xiaomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sentimen masyarakat terhadap brand Xiaomi menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC). Penelitian ini mengambil data dari media sosial twitter menggunakan teknik scrapping sebanyak 2.078 data tweet. Dalam proses analisis ini menggunakan library text bloob untuk mendapatkan labelling otomatis dari data tweet. Berdasarkan hasil penelitian, analisis sentimen terhadap brand Xiaomi mendapatkan akurasi sebesar 71.88% dengan data polaritas positif 39%, polaritas netral 51%, dan polaritas negatif sebesar 10%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Ahmad Jazuli, S.Kom., M.Kom 2. Tutik Khotimah, S.Kom., M.Kom
Kata Kunci: Xiaomi, Twitter, Text Bloob, Naïve Bayes Classifier
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Penelitian industrial. Penelitian dan Pengembangan
Teknologi > Teknologi (umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 May 2022 01:00
Last Modified: 13 May 2022 01:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16626

Actions (login required)

View Item View Item