THE IMPLEMENTATION OF THE SCHEMATA TECHNIQUE TOWARDS READING COMPREHENSION OF ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMA N 1 NALUMSARI JEPARA IN THE 2022/2023 ACADEMIC YEAR

ARIYANTO, ARIS (2022) THE IMPLEMENTATION OF THE SCHEMATA TECHNIQUE TOWARDS READING COMPREHENSION OF ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMA N 1 NALUMSARI JEPARA IN THE 2022/2023 ACADEMIC YEAR. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstrak

Aris, Ariyanto. 2022. Implementasi Teknik Schemata Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas Sebelas SMA N 1 Nalumsari Jepara Tahun Akademik 2022/2023. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd. (2) Atik Rokhayani, S.Pd., M.Pd. Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa yang harus dipelajari siswa yang belajar Bahasa Inggris. Salah satu teknik membaca yang baru-baru ini diterapkan adalah teknik skemata. Teknik skemata berdasarkan latar belakang pengetahuan atau skema. Sedangkan, pemahaman membaca adalah proses yang kompleks, dimana siswa sering berjuang untuk mendapatkan makna dari teks tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik skema dan untuk mengetahui apakah penerapan teknik skema memiliki perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pra-eksperimen metode campuran yang dilakukan dalam perlakuan satu kelompok eksperimen dengan pre-test dan post-test. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 3 yang terdiri dari 36 siswa. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan teknik skema sebagai strategi pembelajaran memiliki perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas XI SMA N 1 Nalumsari Jepara tahun ajaran 2022/2023. Menurut t0 lebih besar dari t-tabel, (8,371>2,030). Rerata skor pre-test 74,75 menjadi 87,22 pada post-test. Teknik skema juga berguna untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa bahasa Inggris melalui kemampuan siswa untuk memprediksi konten. Peneliti menyarankan menyarankan agar institusi dapat menyambut peneliti lain untuk mendalami dan meningkatkan kualitas pembelajaran; menyarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menerapkan teknik skema dalam pengajaran membaca; menyarankan kepada siswa untuk menerapkan teknik skema; menyarankan peneliti lain dapat mengambil beberapa keuntungan dari penelitian ini dan digunakan sebagai referensi tambahan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr.Fitri Budi Suryani,S.S,M.Pd Dosen Pembimbing 2.Atik Rokhayani,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: implementation, schemata technique, reading comprehension.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Dec 2022 21:00
Last Modified: 08 Dec 2022 23:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17086

Actions (login required)

View Item View Item