Bimbingan belajar untuk meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan Metode jarimatika pada siswa kelas iii di desa ngurenrejo

ELLYANTI, - (2022) Bimbingan belajar untuk meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan Metode jarimatika pada siswa kelas iii di desa ngurenrejo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya kemampuan berhitung anak dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor dari luar anak seperti jam belajar yang tidak ada pendampingan saat dirumah dan guru lebih mengutamakan hasil pengerjaan murid yang benar daripada cara pengerjaan soal yang benar, dan faktor dari dalam diri anak yaitu anak kurang minat dalam belajar matematika. Dalam proses belajar berhitung di bimbel masih bersifat konvensional seperti teknik menghafal yang dianggap kurang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan dan peningkatan signifikan hasil pretest dan posttest pada kemampuan berhitung melalui bimbingan belajar menggunakan metode jarimatika. Kemampuan berhitung merupakan kemampuan yang dimiliki oleh anak yang berhubungan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Bimbingan belajar merupakan suatu kegiatan pembelajaran tambahan yang diberikan anak maupun orang dewasa untuk mengatasi permasalahan dalam belajar dan upaya dalam meningkatkan prestasi atau hasil belajar yang lebih optimal. Metode jarimatika merupakan suatu cara untuk menghitung matematika yang menggunakan alat bantu jari tangan. Hipotesis penelitian yang diujikan yaitu pretest dan posttest kemampuan berhitung dapat ditingkatkan melalui bimbingan belajar menggunakan metode jarimatika. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pra-experiments desain the one group pretest-posstest ini dilaksanakan pada siswa kelas III di Bimbel dan Privat Yudistira Desa Ngurenrejo Pati dengan dengan populasi penelitian siswa yang belajar di Bimbel Yudistira sebanyak 113 anak dan tekni pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas III yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Paired Sample T-Tets dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan diantara nilai pretest dan posttest pada kemampuan berhitung siswa yang ditunjukkan menggunakan uji paired sampel t-test diketahui Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan terdapat peningkatan nilai rata-rata kemampuan berhitung siswa yang ditunjukkan menggunakan uji n-gain diketahui nilai n-gain score yaitu 0,7480 dengan kategori tinggi. Penelitian ini guru hendaknya dapat menerapkan metode jarimatika agar mempermudah siswa dalam berhitung dan meningkatkan kemampuan berhitung siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Lovika Ardana Riswari,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Santoso,M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Kemampuan Berhitung, dan Metode Jarimatika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 20:26
Last Modified: 12 Dec 2022 20:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17166

Actions (login required)

View Item View Item