NILAI-NILAI RELIGIUS DAN TOLERANSI DALAM FILM ANIMASI “NUSA DAN RARA” UNTUK PENDIDIKAN ANAK INDONESIA

SAYEKTI, ALINANINGRUM (2022) NILAI-NILAI RELIGIUS DAN TOLERANSI DALAM FILM ANIMASI “NUSA DAN RARA” UNTUK PENDIDIKAN ANAK INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
hal depan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alur cerita dan makna nilai religius dan toleransi, serta mengetahui respon anak setelah mengamati film animasi “Nusa dan Rara” dalam memaknai nilai-nilai religius dan toleransi di kehidupan sehari-hari. Film animasi “Nusa dan Rara” mempunyai nilai-nilai religius dan toleransi yang bagus untuk perkembangan anak karena dapat memunculkan karakter positif. Anak bisa belajar dari episode-episode yang bisa mencontohkan berakhlakul karimah.Nilai religius dan toleransi dalam film animasi “Nusa dan Rara” adalah siswa bisa belajar membantu orang yang sedang membutuhkan pertolongan, belajar ikhlas, belajar berdoa sebelum melakukan aktivitas, dan belajar beribadah. film animasi yang terbungkus dalam cerita harian pada dunia anak-anak dengan penyampaian bahasa yang mudah dimengerti, selain hiburan anak yang menyenangkan dan mengasyikan, terdapat sebuah penanaman nilai-nilai edukasi yang mengarahkan ke dalam ajaran agama islam.(Sumber: https://popmama.com). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis wacana. Tempat penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Kalipucang Kulon, Rt 04 Rw 04, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini ditemukan alur cerita film animasi “Nusa dan Rara” menggunakan Plots of Actions dan Plots of Character. Makna nilai religius dan toleransi dalam film animasi “Nusa dan Rara” memiliki nilai ibadah, akhlak, keteladanan, dan amanah. Respon anak setelah mengamati film animasi “Nusa dan Rara” dalam kehidupan sehari-hari menunjukkan tanggapan visual dan tanggapan auditif. Nilai Religius dan Toleransi dalam film animasi “Nusa dan Rara” dapat memberikan contoh kepada anak agar dapat bersikap sopan santun dan menghargai terhadap teman dan orang tua. Nilai Religius dan Toleransi dapat terbentuk karena beberapa kegiatan-kegiatan yang dilakukan anak dalam kehidupan sehari-hari, seperti berusaha menjalankan sholat 5 waktu, berbagi makanan dengan teman, dan menolong ketika ada yang butuh pertolongan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr.Nur Fajrie.,M.Pd Dosen Pembimbing 2.Much Arsyad Fardani,M.Pd .
Kata Kunci: Film Animasi, Nilai Religius dan Toleransi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 20:45
Last Modified: 12 Dec 2022 20:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17170

Actions (login required)

View Item View Item