Wiyani, Wiwik (2022) Kemampuan siswa dalam berpikir kreatif melalui pendekatan seni rupa dengan media kolase pada materi gambar tiga dimensi di kelas iv sd sidomukti pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (595kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (188kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan seni rupa dengan menggunakan media kolase dan menganalisis media kolase dapat merangsang kemampuan berpikir kreatif. latar belakang pembelajaran seni rupa dilakukan dengan metode ceramah dan praktik. Permasalahan yang dihadapi sebagian siswa yang memiliki keterampilan dan kreatifitas untuk menyelesaikan masalah maupun berpendapat. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Sidomukti belum terlihat sepenuhnya. Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang dikuasai oleh siswa. berpikir kreatif adalah suatu kegiatan mental yang digunakan seseorang untuk membangun ide atau gagasan yang baru. kemampuan berpikir kreatif mencakup hal-hal sebagai berikut, (1). Kelancaran (fluency), (2). Keluwesan (flexibility), (3). Keaslian (originality), (4). Elaborasi (elaboration). kolase ialah gambar yang dibuat dari potongan kertas atau material lain yang ditempel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Sidomukti Kota Pati. dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Sumber data pimer yaitu guru kelas dan 4 siswa di SDN Sidomukti Kota Pati, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dengan dokumentasi dan catatan penelitian, serta buku dan jurnal relevan yang terkait penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data naratif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah guru mengajar menggunakan pendekatan seni rupa dengan media kolase pada materi gambar tiga dimensi unntuk mengembangkan kemampuan berfiki kreatif siswa di kelas IV SD Sidomukti Pati. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan seni rupa dengan media kolase pada materi gambar tiga dimensi dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa di kelas IV SD Sidomukti.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Much Arsyad Fardani, M.Pd |
Kata Kunci: | Berfikir Kreatif, Media kolase |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 19:01 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 19:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17192 |
Actions (login required)
View Item |