Sofiyan, Dampit Adi (2022) Hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas iv sdn 3 nalumsari. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (775kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Perhatian orang tua merupakan salah satu faktor yang penting dalam mendidik anak. Orang tua berpengaruh dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. Namun banyak orang tua yang kurang memperhatikan faktor tersebut dan hanya mengandalkan guru di sekolah sebagai sumber belajar. Kurangnya perhatian orang tua terhadap anak dapat berakibat pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa. Perhatian orang tua merupakan segala pemusatan energi dan pikiran yang dilakukan oleh orang tua dalam rangka menunjang keberhasilan belajar anak. Hasil belajar adalah kemampuan yang didapat oleh seseorang setelah mengalami proses belajar.. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Nalumsari dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitas sebelum dilakukan pengambilan data. Analisis data awal menggunakan uji normalitas kemudian dilanjutkan dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai korelasi > rtabel dengan signifikansi sebesar 5% yaitu 0,838 > 0,381. Hubungan antara kedua variabel memiliki kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Nalumsari. Saran yang diberikan yaitu orang tua hendaknya lebih memiliki kesadaran tanggung jawab perhatian kepada anak dirumah dan guru hendaknya membangun komunikasi dengan para orang tua agar terjadi kesinambungan proses belajar siswa antara di sekolah dan di rumah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Deka Setiawan, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. |
Kata Kunci: | Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 20:56 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 20:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17215 |
Actions (login required)
View Item |