WIDAYANTI, ANITA MELIYANA (2022) Analisis kecerdasan interpersonal pada siswa kelas iv di sd 3 loram wetan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (938kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (267kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (175kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kelas IV di SD 3 Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Kecerdasan interpersonal sangat diperlukan siswa dalam kegiatan pembelajaran untuk menunjang kemampuan siswa dalam belajar maupun interaksi dengan siswa yang lain di kelas. Kecerdasan interpersonal siswa adalah kemampuan yang dimiliki anak untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, mampu merasakan perasaan orang lain, sehingga orang yang mempunyai kecerdasan interpersonal mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Sedangkan faktor-faktor kecerdasan interpersonal meliputi faktor genetik, faktor didikan orang tua, dan faktor lingkungan. Kecerdasan interpersonal yang baik akan berdampak pada kenyamanan dan keefektifan siswa dalam belajar di kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD 3 Loram Wetan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap wawancara, observasi, dokumentasi, dan pencatatan. Informan utama dalam penelitian ini berjumlah enam siswa pada siswa kelas IV. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kecerdasan interpersonal yang dimiliki oleh siswa kelas IV berbeda-beda. Kecerdasan interpersonal yang baik dimiliki oleh siswa yang memiliki 4 sampai 6 indikator kecerdasan interpersonal. Kecerdasan interpersonal yang kurang baik dimiliki oleh siswa yang memiliki 1 sampai 3 indikator kecerdasan interpersonal. TP, MJ, dan MH, IP memiliki kecerdasan interpersonal yang baik, yaitu sebagai siswa yang sering berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan AS dan DD memiliki kecerdasan interpersonal yang kurang baik, yaitu siswa yang jarang berinteraksi dengan orang lain. Siswa sebaiknya tetap mengembangkan kecerdasan interpersonal yang ada pada dirinya, orang tua senantiasa terus memperhatikan dan mendidik anak supaya dapat mengembangkan kecerdasan interpersonalnya, guru yang senantiasa memberikan stimulus kepada siswa mengenai kecerdasan interpersonal, dan peneliti supaya memahami secara mendalam mengenai kecerdasan interpersonal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. F. Shoufika Hilyana, S.Si, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Himmatul Ulya, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kecerdasan Interpersonal, Faktor Kecerdasan Interpersonal |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 21:35 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 21:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17223 |
Actions (login required)
View Item |