RAHMAWATI, ANY (2022) Penguatan karakter kepercayaan diri dengan layanan bimbingan klasikal melalui experiental learning di smp negeri 1 jati kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (409kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (190kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (104kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui penerapan bimbingan klasikal melalui Experiental Learning untuk meningkatkan kepercayaan diri kelas VII E di SMP Negeri 1 Jati Kudus, 2. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri kelas VII E di SMP Negeri 1 Jati Kudus. Dalam Experiental Learning terdapat empat tahapan dalam pelaksanaanya diantarannya, tahap pengalaman konkrit, tahap pengalaman aktif dan reflektif, tahap konseptualisasi dan tahap eksperimentasi aktif.Percaya diri yaitu kemampuan individu terhadap potensi yang dimiliki serta mempunyai kemauan dalam belajar sehingga dapat membuat sebuah tujuan yang dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan baik. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan subjek penelitian 32 peserta didik. Hasil penelitian pada kepercayaan diri siswa pra siklus mendapatkan skor rata-rata 8 dengan persentase 32% kategori sangat kurang. Pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 13 persentase 52% kategori cukup. Sedangkan pada siklus II mendapatkan skor rata-rata 20 persentase 80% kategori baik. Pada pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan Experiental Learning mendapatkan hasil observasi terhadap peneliti yang dilakukan saat bimbingan klasikal berlangsung yang memperoleh hasil, pada siklus I peneliti mendapatkan skor 31 persentase 39% kategori K (kurang). Sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 70 persentase 88% kategori SB (sangat baik). Simpulannya hasil penelitian terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa setelah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan Experiental Learning kepada siswa kelas VII E SMP N 1 Jati Kudus dapat diterima, hal ini dibuktikan setelah pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan Experiental Learningterjadi peningkatan sebesar 49% dari siklus I ke siklus II sedangkan pada kepercayaan diri siswa terjadi peningkatan sebesar 48% dari pra siklus ke siklus II.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Santoso., M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Indah Lestari., S.Pd, M.Pd., Kons |
Kata Kunci: | Bimbingan Klasikal, Experiental Learning ,Kepercayaan Diri. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 20:38 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 20:38 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17257 |
Actions (login required)
View Item |