Pengembangan media pembelajaran bilangan bulat berbasis android dengan sac untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis siswa sekolah dasar

WIDIYATMOKO, ANTON (2022) Pengembangan media pembelajaran bilangan bulat berbasis android dengan sac untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis siswa sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
a Hal Judul.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
b BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
c BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
d BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
e BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
f BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
g Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
h Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran bilangan bulat berbasis android dengan Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus, 2) Menganalisis kelayakan media pembelajaran bilangan bulat berbasis android dengan Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus, 3) Menganalisis keefektifan media pembelajaran bilangan bulat berbasis android dengan Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan diadaptasi dari Borg & Gall dengan menggunakan sepuluh tahapan dimulai dari studi pendahuluan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produk akhir/massal. Uji coba dilakukan pada 42 siswa di SD 5 Karangbener dan SD 2 Dersalam sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa di SD 2 dan 4 Karangbener sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes, dan wawancara. Data keefektifan media pembelajaran bilangan bulat berbasis android dengan Smart Apps Creator dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki konten yang memuat kompetensi inti dan kompetensi dasar, profil, materi, dan evaluasi. Pada konten materi memuat empat bab pembahasan, antara lain: 1) penjumlahan bilangan bulat, 2) pengurangan bilangan bulat, 3) perkalian bilangan bulat, dan 4) pembagian bilangan bulat. Pada konten evaluasi memuat 15 soal untuk menentukan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Media pembelajaran bilangan bulat berbasis android dengan Smart Apps Creator terbukti valid dengan skor dari tiga validator masing-masing 44, 22, 45 kriteria skor valid. Penggunaan media pembelajaran berbasis android ini efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang terbukti dari peningkatan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen, yaitu 0,4505 dengan kategori sedang. Lebih baik dibanding skor kelompok kontrol yaitu 0,2090 dengan kategori rendah. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen memperoleh skor 0,3919 kategori sedang. Lebih tinggi dari skor rata-rata hasil belajar kelompok kontrol, yaitu 0,0966 kategori sedang. Hasil uji t ada kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai thitung=4,316 dengan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05. Hasil uji t belajar siswa diperoleh nilai thitung=3,424 dengan taraf siginifikansi 0,000 < α = 0,05. Persentase respon positif yang diberikan guru dan siswa masing-masing adalah 83,3% dan 87,6%. Kesimpulan yang diperoleh yaitu media pembelajaran berbasis android dengan Smart Apps Creator mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Santosa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Android, Smart Apps Creator, berpikir kritis, bilangan bulat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 20:20
Last Modified: 15 Dec 2022 20:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17298

Actions (login required)

View Item View Item