'UULA, LUTHFIANA AZIZATUL (2022) Nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan multikultural ( studi fenomenologi di sdn tambakromo 01 Kabupaten pati). Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (996kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (853kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai kearifan lokal di dalam pendidikan multikultural pada siswa melalui studi fenomenologi di SDN Tambakromo 01 yang di amati melalui pembelajaran siswa di dalam kelas dan hasil wawancara oleh narasumber, seperti halnya kepala sekolah, guru, dan siswa. Nilai-nilai kearifan lokal merupakan ciri khas dan nilai budaya yang ada di dalam masyarakat dan diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya. Sedangkan pendidikan multikultural merupakan sebuah pengembangan seluruh kemampuan manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, dan agama. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan model fenomenologi, karena dalam hal ini peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang akan diamati secara langsung dengan lebih jelas, transparan, dan mendalam. Penelitian akan dilakukan di SDN Tambakromo 01 di kecamatan Tambakromo kabupaten Pati. Berdasarkan rancangan yang akan dilakukan dalam penelitian ini bertujuan dalam pelestarian nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan multikultural di kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat bentuk nilai kearifan lokal di Pati dalam pendidikan multikultural, seperti halnya berupa budaya suronan Haul Nyai Ageng Ngerang, yang dimana semua guru dan siswa ikut berpartisipasi di dalamnya, siswa yang beragam budaya dan agama juga ikut andil memeriahkannya. Adapun alasan bentuk nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan multikultural di sosialisasikan dan diinternalisasikan yaitu dapat memberikan interaksi dan kerjasama yang baik antar guru dan siswa, terutama dalam proses pembelajaran maupun berkaitan dengan akademik siswa, juga untuk melatih kedisiplinan warga sekolah agar mengikuti aturan sesuai dengan norma yang berlaku. Dan bentuk implementasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan multikultural yang diterapkan di SDN Tambakromo 01 berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kliping, hasil karya berupa gambar anak, dan biografi. Selanjutnya simpulan dan saran yang masih perlu ditingkatkan terletak pada kesadaran siswa akan pelestarian budaya. Meskipun siswa di SDN Tambakromo 01 sudah cukup baik dalam hal tersebut, namun perlu ditanamkan terus-menerus agar menjadi lebih mumpuni.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Dra Sri Surachmi W, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pendidikan, Nilai-nilai kearifan lokal, Multikultural |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 20:57 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 20:57 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17308 |
Actions (login required)
View Item |