Pengembangan bahan ajar ipa kelas vi sd model blended learning berbasis macromedia flash 8 di gugus ngasirah kecamatan tahunan Kabupaten jepara

RAHAYU, VITA VITRIYANA (2022) Pengembangan bahan ajar ipa kelas vi sd model blended learning berbasis macromedia flash 8 di gugus ngasirah kecamatan tahunan Kabupaten jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah 1) menganalisis kebutuhan bahan ajar IPA Kelas VI SD dengan model Blended Learning berbasis Marcomedia Flash 8 pada tema magnet dan listrik menurut persepsi siswa dan guru, 2) mendesain pengembangan bahan ajar IPA Kelas VI SD dengan Blended Learning berbasis Marcomedia Flash 8 pada tema magnet dan listrik, 3) menganalisis kelayakan bahan ajar IPA Kelas VI SD dengan Blended Learning berbasis Marcomedia Flash 8 pada tema magnet dan listrik, 4) menemukan efektivitas bahan ajar IPA Kelas VI SD dengan model Blended Learning berbasis Marcomedia Flash 8 pada tema magnet dan listrik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan pada penelitian ini mengadposi model desain pembelajaran dari Dick and Carey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan wawancara. Uji coba produk dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi dua hal yaitu desain uji coba dan subjek uji coba. Adapun desain uji coba dilakukan melalui tiga tahapan yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok sedang dan uji coba lapangan. Sedangkan pada subjek uji coba melibatkan siswa akelas VI Semester I Tahun 2021-2022 di dua lokasi yang berbeda yaitu SDN 2 Tegalsambi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara dan SDN 3 Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantititaf. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis blended learning melalui program aplikasi macromedia flash 8 mata pelajaran IPA kelas VI SD dalam tema Magnet dan Listrik, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tersebut masuk dalam kategori “sangat layak”. Hal ini didasarkan pada penggunaan skala likert. Hasil validasi dan uji coba diantaranya validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 85,45% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya hasil validasi ahli media/desain memperoleh persentase sebesar 98,46% masuk dalam kategori sangat layak. Berikutnya uji coba perorangan persentase sebesar 84% atau sangat layak, uji coba kelompok kecil 88,7% atau sangat layak, dan uji coba lapangan sebesar 93,5% atau sangat layak. Bahan ajar ini efektif untuk diterapkan sebagai media pembelajaran dengan hasil 90% nilai siswa memenuhi KKM.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Drs. Murtono, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Sumaji, M.Pd.
Kata Kunci: bahan ajar, blended learning, IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 19:33
Last Modified: 18 Dec 2022 19:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17351

Actions (login required)

View Item View Item