Tanggung jawab pt. Citra van titipan kilat dalam hal terjadi wanprestasi atas pengiriman barang milik konsumen pengguna Layanan “over night service” (studi pada kantor perwakilan kudus)

Istiana, Liya (2022) Tanggung jawab pt. Citra van titipan kilat dalam hal terjadi wanprestasi atas pengiriman barang milik konsumen pengguna Layanan “over night service” (studi pada kantor perwakilan kudus). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul, “Tanggung Jawab PT. Citra Van Titipan Kilat Dalam Hal Terjadi Wanprestasi Dalam Pengiriman Barang Milik Konsumen Pengguna Layanan “Over Night Service” (Studi Pada Kantor Perwakilan Kudus)”, dilatar belakangi adanya hal yang menarik dalam perjanjian jasa pengiriman barang di TIKI Kantor Perwakilan Kudus terkait dengan keterlambatan pengiriman dengan menggunakan layanan Over Night Service. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menjawab permasalahan terkait faktor penyebab terjadinya wanprestasi dalam pengiriman barang pada layanan Over Night Service oleh PT. Citra Van Titipan Kilat Kantor Perwakilan Kudus dan tanggung jawab PT. Citra Van Titipan Kilat dalam hal terjadi wanprestasi atas pengiriman barang pada layanan Over Night Service yang dialami konsumen. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis yaitu mengenai proses bekerjanya hukum di dalam masyarakat. Metode analisa data bersifat kualitatif dengan bentuk spesifikasi deskriptif analisis. Jenis data yang digunakan data primer yang didapatkan langsung dari narasumber dan data sekunder yang diperoleh melalui bahan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa pertama, Faktor penyebab terjadinya wanprestasi dalam pengiriman barang pada layanan “over night service” oleh TIKI Kantor Perwakilan Kudus dibagi menjadi 2 (dua) faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu meliputi customer service melakukan kesalahan input data nama, alamat dan/atau nomor telepon penerima ke dalam sistem; kurir yang kurang kompeten karena kurir baru dan belum menguasai wilayah pengiriman; terjadinya penumpukan paket yang terjadi saat ada momen spesial tertentu atau kesalahan sortir alamat tujuan. Sedangkan faktor eksternal meliputi pengguna jasa melakukan kesalahan dalam pengisian data nama, alamat dan/atau nomor telepon penerima kurang lengkap; kondisi lalu lintas force majure terjadi kejadian tidak terduga, kemacetan, dan/atau kecelakaan; telah terjadi bencana alam yang membuat paket harus tertahan digudang. Kedua, Tanggung jawab TIKI dalam hal terjadi wanprestasi atas pengiriman barang pada layanan “over night service” yang dialami konsumen adalah tanggung jawab dengan pembatasan, yaitu prinsip yang dicantumkan sebagai klausula eksonerasi dalam perjanjian standar yang dibuatnya, yang pada prinsipnya hanya menguntungkan pelaku usaha dan merugikan konsumen. Sepanjang pengakuan pengirim pada saat ditandatanganinya BTTKB sama dengan isi titipan, penggantian oleh pihak TIKI maksimum sebesar 10 (sepuluh) kali biaya pengiriman untuk kiriman dan/atau tidak melebihi dari nilai Rp 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) dengan kesempatan 5 (lima) hari kerja sejak berakhirnya estimasi waktu pengiriman kiriman untuk mengajukan klaim ganti rugi. Meskipun sudah ada bentuk tanggung jawab oleh pihak TIKI, namun bentuk tanggung jawab yang diberikan belum sesuai sebagaimana ketentuan yang telah dibuat pihak TIKI sendiri ataupun UU Perlindungan Konsumen.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dwiyana Achmad Hartanto, SH., SHI., MH., Dosen Pembimbing : 2.Iskandar Wibawa, S.H, M.H.,
Kata Kunci: Tanggung jawab, Wanprestasi, Keterlambatan Pengiriman.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Dec 2022 18:29
Last Modified: 27 Dec 2022 18:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17587

Actions (login required)

View Item View Item