PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DESA RAJEKWESI KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA

HANDAYANI, CANDRA (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DESA RAJEKWESI KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of BAB  2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu pertama untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar selama pandemi Covid 19, dan tujuan kedua adalah untuk mengetahui motivasi belajar anak selama pandemi Covid-19. Covid-19 telah mewabah di Indonesia sehingga pemerintah akhirnya mengeluarkan beberapa kebijakan untuk membatasi kegiatan yang melibatkan banyak masa. Dengan adanya kebijakan tersebut beberapa kegiatan menjadi terganggu begitu juga pada kegiatan pembelajaran yang harus berubah. Kegiatan pembelajaran yang biasanya bertatap muka kini telah berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan. Pemberian materi dan tugas diberikan secara online. Pada masa seperti inilah peran orang tua sangat dibuthkan dalam mendukung dan memberikan motivasi kepada anak dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data secara deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Desa Rajekwesi dengan subjek penelitian adalah warga di desa Rajekwesi dengan pelaku yang diteliti adalah orang tua beserta anak dengan mengggunakan 8 orang tua dan anaknya sebagai informan, objek dalam penelitian ini adalah peran orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini berupa hasil observasi dan wawancara sedangkan data sekunder berupa dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari 8 informan orang tua dan anak yang sudah peneliti pilih berdasarkan kategori yang ditentukan sedangakan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan data pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlunya peran orang tua dalam memberikan motivasi kepada anak, dari 8 informan yang telah peneliti teliti menunjukan bahwa 3 informan orang tua memiliki peranan tinggi dalam memotivasi anak belajar diikuti dengan motivasi belajar anak yang tinggi, 2 informan orang tua memiliki peran sedang diikuti dengan motivasi belajar siswa yang sedang dan 3 informan memiliki peranan rendah diikuti dengan motivasi belajar anak yang rendah. Peran orang tua sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan belajar anak terlebih dimasa pandemi seperti sekarang ini dimana aktivitas anak lebih banyak dilakukan dirumah sehingga orang tua diharapkan dapat mengontrol aktivitas anak khususnya pada kegiatan belajar, oleh karena itu orang tua perlu sadar akan pentingnya peranan mereka dalam memperhatikan pendidikan anak dan memberikan motivasi belajar demi ketercapaian belajar anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A.
Kata Kunci: Motivasi belajar, Peran Orang Tua.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2023 19:42
Last Modified: 02 Jan 2023 19:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17712

Actions (login required)

View Item View Item