ANALISIS KESALAHAN ANAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)PADA MATERI BANGUN DATARKELAS IV BIMBEL NIRWANA KABUPATEN JEPARA

Faridah, Rofiatul (2021) ANALISIS KESALAHAN ANAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)PADA MATERI BANGUN DATARKELAS IV BIMBEL NIRWANA KABUPATEN JEPARA. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan anak dalam menyelesaikan soal cerita yang berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi bangun datar kelas IV. Untuk mentehaui beberapa tipe kesalahan yang dilakukan oleh anak kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita yang berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi bangun datar, dan untuk memgetahui penyebab-penyebab keasalahan-kesalahan anak dalam menyelesaikan soal cerita yang berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi bangun datar. Kesalahan yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu hanya kesalahan yang muncul berdasarkan hasil jawaban. Proses mengerjakan anak dalam memecahkan masalah matematika yang berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) berdasarkan letak kesalahannya pada penelitian ini ada lima kategori. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek pada penelitian ini ada 7 orang anak yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal yang berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Metode pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik anaslisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data interaktif menurut Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini bahwa analisis kesalahan yang dilakukan anak berdasarkan newman adalah kesalahan membaca,kesalahan memahami masalah, kesalahan mentransformasi, kesalahan keterampilan proses, kesalahan penulisan jawaban akhir. Kesalahan yang terbanyak adalah kesalahan mentransformasi yaitu 7 orang anak yang mengalami kesalahan, kesalahan ini sering terjadi karena anak tidak mengetahui. Dari penelitian ini bahwa analisis kesalahan yang dilakukan anak berdasarkan hasil pekerjaan anak yang dilakukan dibimbel nirwana adalah jenis kesalahan yang masih sering dilakukan seperti kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, kesalahan menuliskan jawaban akhir.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Nur Fajrie, M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Fina Fakhriyah, M.Pd.
Kata Kunci: Soal Cerita, HOTS, Kesalahan Anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2023 20:44
Last Modified: 02 Jan 2023 20:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17731

Actions (login required)

View Item View Item