Analisis kecacatan produk percetakan pada pt. Sukun druck dengan metode six sigma

Mukarromah, Nofia (2022) Analisis kecacatan produk percetakan pada pt. Sukun druck dengan metode six sigma. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN]
Preview
Text (HALAMAN)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.docx.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.docx.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

PT. Sukun Druck merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang percetakan pembuatan berbagai jenis produk kemasan yang terdiri dari intern dan ekstern. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah adanya produksi produk intern dengan cacat tertinggi yaitu Slop Sukun Executive 12 dengan presentase kecacatan 75,85% sehingga perlu dilakukan pengendalian kualitas. Metode six sigma memiliki manfaat biaya pengeluaran berkurang, produktivitas meningkat, pertumbuhan pangsa pasar, loyalitas konsumen, penurunan waktu siklus, kesalahan berkurang dan pengembangan produk. Sehingga pengendalian kualitas dilakukan dengan metode six sigma menggunakan tahapan DMAI (Define, Measure, Analyze, Improve) untuk mengetahui karakteristik cacat produk, faktor penyebab kecacatan, dan perbaikan terhadap faktor penyebab cacat produk. Pada tahap define, menentukan voice of customer (VOC) dan pembuatan diagram SIPOC. Tahap measure, data yang digunakan adalah data kecacatan Slop Sukun Executive 12 dengan nilai DPMO sebesar 91.295 pcs dan tingkat sigma 2,83. Tahap analyze, cacat tertinggi terjadi pada bulan Agustus 2021 dengan jumlah kecacatan 1.331.500 pcs. Berdasarkan diagram sebab-akibat penyebab cacat produk Slop Sukun Executive 12 adalah faktor manusia, material, lingkungan, mesin dan metode. Hasil analisis FMEA AIAG-VDA diketahui RPN tertinggi yaitu faktor metode karena kurangnya prosedur perawatan mesin, faktor lingkungan akibat suhu ruangan yang panas dan faktor mesin akibat filter kotor. Pada tahap improve, menggunakan metode 5W+1H untuk melakukan rencana tindakan perbaikan. Rencana tindakan perbaikan faktor metode yaitu pembuatan prosedur perawatan dan melakukan pengawasan mesin secara berkala, faktor lingkungan yaitu suhu ruangan penambahan kipas/ventilasi udara sebagai upaya mengurangi suhu panas dari mesin, faktor mesin yaitu pengecekan dan pemeriksaan selang tinta dan selang cairan varnish secara berkala untuk mencegah filter kotor.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dina Tauhida, S.T., M.Sc. Dosen Pembimbing : 2. Rangga Primadasa, S.T., M.T.
Kata Kunci: DMAIC, Kecacatan, Pengendalian kualitas, Six sigma,
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum) > Teknik industri. Teknik manajemen
Teknologi > Teknologi (umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2023 20:57
Last Modified: 02 Jan 2023 20:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17733

Actions (login required)

View Item View Item