SODIQ, ACHMAD (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (460kB) | Preview |
Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (807kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (619kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN 1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (984kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis besar pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar Matematika pada siswa Sekolah Dasar Kelas VI se-Dabin Wijaya Kusuma Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. 2) Menganalisis besar pengaruh model Kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar Matematika pada siswa Sekolah Dasar Kelas VI se-Dabin Wijaya Kusuma Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. 3) Menemukan perbedaan pengaruh model Inkuiri dan dan kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar Matematika pada siswa Sekolah Dasar Kelas VI se-Dabin Wijaya Kusuma Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SD se-Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak yang berjumlah 234 siswa, dengan sampel penelitian sebanyak 102, yang terdiri dari SD Dukun 1 sejumlah 40 siswa, SDN Kedunguter sejumlah 35 siswa dan SDN Sampang 1 sejumlah 27 siswa. Hasil penelitian dengan model inkuiri terhadap hasil pembelajaran Matematika, siswa mampu mencapai rata-rata sebesar 80,00 dengan ketuntasan belajar sebesar 86%. Pengaruh model pembelajaran Jigsaw, siswa mampu mencapai rata-rata kelas 83 dan ketuntasan belajar sebesar 93%. Nilai uji Nilai Uji One Way ANOVA diperoleh nilai sig. sebesar 0,049<0.05, maka kesimpulannya terdapat pengaruh perlakuan kelas eksperimen kedua pihak sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan penelitian, guru disarankan perlu meningkatkan hasil pembelajarannya dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Murtono , M.Pd. 2. Dr. Suad, M.Pd. |
Kata Kunci: | Inkuiri, Jigsaw, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 23:05 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 20:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17747 |
Actions (login required)
View Item |