PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU

YANTI, NUNING HARDI and Murtono, - and Fardhani, Much Arsyad (2020) PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU. Jurnal Educatio, 6 (2). pp. 248-261. ISSN 2459-9522

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
Cover Educatio.jpg - Published Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
Educatio S4.pdf - Published Version

Download (953kB) | Preview
[thumbnail of Hasil cek plagiasi]
Preview
Text (Hasil cek plagiasi)
Turnitin Educatio S4.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Kesimpulannya dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle tema cita-citaku mengalami peningkatan

Item Type: Article
Kata Kunci: Numbered head together, puzzle, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Mar 2023 15:36
Last Modified: 08 Mar 2023 15:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18260

Actions (login required)

View Item View Item