YANTI, NUNING HARDI and Murtono, - and Fardhani, Much Arsyad (2020) PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU. Jurnal Educatio, 6 (2). pp. 248-261. ISSN 2459-9522
Preview |
Image (Cover)
Cover Educatio.jpg - Published Version Download (19kB) | Preview |
Preview |
Text (Artikel)
Educatio S4.pdf - Published Version Download (953kB) | Preview |
Preview |
Text (Hasil cek plagiasi)
Turnitin Educatio S4.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Kesimpulannya dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle tema cita-citaku mengalami peningkatan
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | Numbered head together, puzzle, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 15:36 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 15:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18260 |
Actions (login required)
View Item |