Pola Belajar Anak Pekerja Pabrik Garment Dalam Pembimbingan Orang Tua

Millenia Sari, Cindy and Fajrie, nur and Khamdun, Khamdun Pola Belajar Anak Pekerja Pabrik Garment Dalam Pembimbingan Orang Tua. Jurnal Educatio. ISSN 2459-9522

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
Pola belajar.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
Turnitin Pola Belajar.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini membahas pola belajar anak yang orang tuanya bekerja di pabrik garment. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh orang tua yang bekerja di pabrik garment tidak bisa mendampingi anak belajar saat di rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola belajar anak pekerja pabrik garment dalam pembimbingan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak SD yang orang tuanya bekerja di pabrik garment sebanyak 4 orang yang dilaksanakan di Desa Dorang, Nalumsari Jepara pada bulan April 2022 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola belajar anak pada anak yang orang tuanya bekerja di pabrik garment ialah pola belajar mandiri dimana penelitian ini anak sudah memiliki persiapan belajar yang baik, cara mengikuti pelajaran belum terlaksana dengan baik karena masih ada beberapa anak yang tidak mau membaca materi, mencatat materi dan pengulangan bahan pelajaran, pembuatan jadwal belajar dan catatan belum terlaksana dengan baik karena beberapa anak hanya belajar saat ada tugas rumah saja. Selanjutnya dalam mengerjakan tugas anak mengerjakannya sendiri tetapi kadang dibantu oleh kakak, ibu atau mencari jawaban di internet. Kata Kunci: pola belajar anak; orang tua; buruh pabrik garment

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 30 Mar 2023 23:25
Last Modified: 02 Apr 2023 21:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18284

Actions (login required)

View Item View Item