Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Pendidikan Usia Dini

Raharjo, Trubus dan Ahyani, Latifah Nur (2011) Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Pendidikan Usia Dini. Sosial dan Budaya, 4 (1). ISSN 1979-6889

[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (171Kb) | Tinjau ulang

    Abstrak

    ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gangguan-gangguan belajar anak-anak pada pendidikan Anak Usia Dini. Gangguan belajar yang dihadapai anak dikelompokkan dalam 4 kriteria yaitu kematangan kognitif, perhatian rendah, hiperaktif, dan retardasi mental. Sampel penelitian ini adalah anak-anak usia dini yang dianggap mempunyai masalah dengan kesulitan belajar yang bersekolah di PAUD atau TK di kabupaten Kudus yang diambil secara acak. Adapaun sekolah PAUD atau TK yang menjadi tempat penelitian sebanyak 7 PAUD atau TK. Hasil penelitian yang dilakukan dengan melakukan observasi untuk mengidentifikasi kesulitan belajar pada anak-anak usia dini dari 22 anak diperoleh hasil bahwa anak yang mengalami masalah kematangan kognitif sebanyak 6 anak, hiperaktif sebanyak 6 anak, masalah kematangan kognitif dan perhatian yang rendah sebanyak 10 anak, dan tidak ada yang mengalami retardasi mental.

    Tipe dokumen: Artikel
    Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Anak Usia Dini
    Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi perkembangan. Meliputi psikologi perkembanga bayi, anak, remaja, dewasa lanjut usia.
    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
    Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
    Depositing User: Users 388 tidak ditemukan.
    Tanggal Deposit: 14 May 2012 11:35
    Last Modified: 14 May 2012 11:35
    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/183

    Actions (login required)

    View Item