FAKTOR MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI PERAN SERTA ORANGTUA SISWA TUNAGRAHITA DI SLBS SUNAN MURIA

ERNIA, SISKA and Fajrie, nur and ERMAWATI, DIANA FAKTOR MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI PERAN SERTA ORANGTUA SISWA TUNAGRAHITA DI SLBS SUNAN MURIA. Journal of Education and Culture.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
5. 8 JUNI 2021 (FAKTOR MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI PERAN SERTA ORANGTUA SISWA TUNAGRAHITA DI SLBS SUNAN MURIA).pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
5. SIMILARITY 8 JUNI 2021 (FAKTOR MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI PERAN SERTA ORANGTUA SISWA TUNAGRAHITA DI SLBS SUNAN MURIA).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar selama pandemi Covid-19 ditinjau dari peran serta orang tua siswa tunagrahita di SLBS Sunan Muria Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di SLBS Sunan Muria. Subjek penelitian adalah 5 siswa tunagrahita, 5 orang tua siswa dan 1 orang guru kelas IV. Penelitian studi kasus ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar diri siswa. Faktor motivasi belajar dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi belajar anak lebih pada faktor eksternal, dorongan semangat belajar yang diberikan oleh orang tua kepada anak.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 07 Apr 2023 20:00
Last Modified: 07 Apr 2023 20:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18380

Actions (login required)

View Item View Item