Kurniawati, Yuni (2023) Pengembangan media big book untuk meningkatkan hasil belajar materi pecahan kelas ii mi. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (323kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (520kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (771kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (299kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan pertama dari penelitian ini adalah untuk membuat bahan ajar big book pecahan siswa kelas II MI. 2) Mengetahui kelayakan media big book pada materi pecahan sebagai media pembelajaran di kelas II MI. 3) menguji kehandalan media big book materi pecahan pada siswa kelas II MI. Model R&D (penelitian dan pengembangan) kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Memanfaatkan pendekatan eksperimental untuk menguji produk. memperoleh data melalui tes, khususnya protes dan pretes. Berikut langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini: 1) Potensi dan permasalahan. 2) Mendapatkan data 3) Desain produk. 4) Melakukan uji coba produk ahli. 5) Melakukan perubahan atau penyempurnaan produk. 6) Uji coba di lapangan 7) Penyusunan laporan Analisis deskriptif digunakan dalam analisis data. 1) Pengembangan media buku besar menggunakan bahan pecahan memenuhi persyaratan penggunaan. Media buku besar dibuat dengan mengembangkan materi pecahan dan memasukkan gambar yang menarik. Terdapat lima langkah dalam tahap pengembangan yaitu Evaluasi, perancangan, pengembangan, dan implementasi 2) Kepraktisan media pembelajaran buku besar untuk sebagian materi yang telah dibuat dinyatakan layak untuk digunakan, oleh ahli materi diperoleh nilai sebesar 78,33% pada kategori “terbalik” dan hasil persetujuan dari para ahli media mendapat nilai 69,99% pada klasifikasi “terbalik”. Babak penyisihan grup kecil mendapat skor 98% di kelas "luar biasa" dan babak penyisihan grup besar mendapat skor akhir 97% di kelas "luar biasa". 3) Hasil t-hitung 4,783 lebih besar dari t-tabel 2,093 dan nilai sig (2-tailed) 0,000 0,05 menunjukkan bahwa rata-rata hasil postes kelompok eksperimen dan kontrol berbeda. Nilai posttest kelompok eksperimen diketahui sebesar 92, sedangkan nilai posttest kelompok kontrol sebesar 80,25. Hal ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dengan menggunakan media bigbook lebih efektif meningkatkan hasil belajar pada materi pecahan dibandingkan dengan kelas kontrol.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 :Dr Sumaji, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Dr Fitri Budi Suryani, Mpd |
Kata Kunci: | Media Big Book, Hasil Belajar Materi Pecahan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 19:09 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 19:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18589 |
Actions (login required)
View Item |