Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah melalui pengelolaan sumber daya Berbasis aset di smpit al islam kudus

TRIANITA, ETTY MIRA (2023) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah melalui pengelolaan sumber daya Berbasis aset di smpit al islam kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Sekolah yang bermutu adalah sekolah yang menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Diantaranya dapat dilihat dari hasil prestasi yang diraih peserta didik maupun prestasi sekolah secara keseluruhan. Hal tersebut tidak lepas dari peran seorang kepala sekolah yang mampu melaksanakan peranannya dengan baik. Diantaranya mampu mengelola sumber daya yang dimilikinya dengan optimal sehingga menunjang peningkatan mutu sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan, menemukan dan menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah melalui pengelolaan sumber daya dengan pendekatan berbasis aset di SMPIT Al Islam Kudus. Berkaitan dengan itu, maka faktor-faktor yang berhubungan dengan peran kepala sekolah dalam pengelolaan sumber daya berbasis aset terutama pada modal manusia akan diteliti secara mendalam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi baik yang dilakukan oleh peneliti secara langsung maupun melalui bantuan pihak lain. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, dimana analisis dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Pada saat wawancara peneliti sudah melakukan analisis terhadap jawaban yang diwawancarai(responden). Jika jawaban dari responden setelah dianalisis dirasa kurang memuaskan, maka peneliti akan memberikan pertanyaan lagi sampai diperoleh data yang dianggap kredibel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala SMPIT Al Islam Kudus telah melaksanakan perannya dalam meningkatkan mutu sekolah. Kepala sekolah merupakan motor penggerak keberlangsungan lembaga. Peran ini diimplementasikan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala sekolah dalam bidang administrasi antara lain pengelolaan pengajaran, pengelolaan kepegawaian, pengelolaan kemuridan, pengelolaan gedung dan halaman, pengelolaan keuangan, pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat. Melalui pengelolaan sumber daya berbasis aset dengan tujuh modal aset diantaranya modal manusia, modal sosial, modal finansial, modal agama dan budaya, modal lingkungan atau alam, modal politik dan modal fisik dengan baik maka mutu sekolah dapat ditingkatkan. Dengan pendekatan berbasis aset ini kepala SMPIT Al Islam Kudus telah mengoptimalkan semua modal yang ada untuk kemajuan sekolah dan lembaga. Kemampuan dalam mengelola aset modal sosial, SMPIT AL Islam Kudus telah mendapatkan kepercayaan di masyarakat. Pengelolaan sumber daya berbasis aset modal manusia dikembangkan dengan mengadakan program pembinaan ruhaniyah dengan menitik beratkan pada kepribadian dan karakter. Perekrutan pendidik dan tenaga kependidikan tanpa adanya intervensi dari yayasan. Selain itu apresiasi dan dukungan dari kepala sekolah maupun yayasan terhadap pengembangan diri guru dan karyawan menjadikan daya tarik tersendiri agar loyal terhadap lembaga.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Dr. Su'ad, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Dr. Gunawan Setiadi, S.IP.,M.Pd
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Mutu Sekolah, Pengelolaan Sumber daya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jul 2023 19:23
Last Modified: 10 Jul 2023 19:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18590

Actions (login required)

View Item View Item