Santoso, Santoso (2023) Pengembangan buku ajar bahasa indonesia berbasis kearifan lokal untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas iv mi di kecamatan sedan kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal. Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (866kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (465kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian adalah: (1)mendiskripsikan kebutuhan buku ajar Bahasa Indonesia kelas IV MI yang berbasis kearifan lokal (2)mendiskripsikan penggunaan buku ajar Bahasa Indonesia yang berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan pada siswa kelas IV MI di Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang, (3)menguji kelayakan rancangan pengembangan buku ajar Bahasa Indonesia kelas IV MI yang berbasis kearifan lokal. (4)menentukan keefektifan buku Ajar Bahsa Indonesia kelas IV MI yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini mengkaji dari beberapa sumber kajian yang membahas tentang buku ajar,keterampilan Bahasa Indonesia,kearifan lokal dan hasil belajar serta berdasarkan hasil dari beberapa penelitian sebelumnya yang relevan sehingga bisa dijadikan rujukan untuk melanjutkan penelitian berikutnya. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Penelitian menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian yaitu pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, Mengembangkan produk awal, Pengujian Lapangan, revisi, uji produk, revisi hasil uji produk lapangan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Meliputi tes tertulis, observasi pembelajaran, dan validasi produk buku ajar Bahasa Indonesia yang berbasis kearifan lokal, Analisis produk buku ajar Bahasa Indonesia yang berbasis kearifan lokal pada kelas IV MI. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di Kecamatan Sedan kabupaten Rembang. Hasil prototipe buku ajar Bahasa Indonesia melalui pengembangan yang berbasis kearifan lokal berupa buku ajar yang sesuai dengan karakteristik dan lingkungan siswa sehingga lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah disetujui oleh validator, akan diperoleh 90 poin dalam kategori valid. Kemudian buku ajar ini diterapkan pada siswa kelas eksperimen dengan hasil perhitungan 0,64 dengan kategori sedang. Uji efektivitas pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil tes tertulis siswa dikelas kontrol dan kelas eksperimen.diperoleh bahwa nilai thitung 16,170 > ttabel 2,093. Sehingga buku ajar yang berbasis kearifan lokal pada materi Cerita non fiksi di tema 5 sub tema 1 kelas IV MI sangat efektif digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Semoga dapat menginspirasi guru untuk melakukan pengembangan pada buku ajar pembelajaran yang lainnya
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr.Drs.Moh. Kanzunnudin, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr.Khamdun, S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Buku Ajar, Bahasa Indonesia, Kearifan lokal, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 20:40 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 20:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18593 |
Actions (login required)
View Item |