WIDIYANTO, DWI (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis qr code mata pelajaran ipa untuk siswa kelas v sd di kecamatan donorojo kabupaten jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal. Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (372kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (188kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan yang ingin dicapai yaitu: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V. (2) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V. (3) Menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V. (4) menganalisis efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis Qr code mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V. Kegiatan penelitian ini dimulai dari penelitian dan pengumpulan data (research and information). dengan observasi keadaan awal terhadap kelas eksperimen maupun kelas control sebelum mendapat Tindakan kemudian uji coba kelayakan produk dengan menggunakan sampel penelitian SDN 2 Blingoh, SDN 4 Blingoh dan SDN 5 Blingoh sebagai kelas eksperimen dan SDN 3 Blingoh sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian Research and Denelopment (R&D) menurut Borg and Gall. Data dikumpulkan dengan dengan Teknik observasi, wawacara, dokumentasi, angket dan tes. Data keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code ini dianalisa dengan uji gain dan uji sample test berbantuan program SPSS. Analisa kebutuhan terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code diketahui melalui analisis kebutuhan guru dan analisis kebutuhan siswa. Hasil penelitian 1) guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan media pembelajaran interaktif, 2) pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V, 3) media pembelajaran interaktif berbasis Qr code layak digunakan pada pembelajaran IPA untuk siswa kelas V. (4) pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Qr code cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan N gain dalam kategori sedang dan interpretasi cukup efektif dengan prosentase 64,46%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Santoso,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr. Slamet Utomo,M.Pd |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran Interaktif , Qr code, Hasil Belajar, IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 21:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 21:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18596 |
Actions (login required)
View Item |