INDRIA SARI, NIKI (2023) Efektivitas model conceptual understanding procedures dan hybrid learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika Sd kelas v di gugus rorosuli. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
201803051_Niki-Indriya-Sari_Hal.Judul.pdf - Published Version Download (438kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
201803051_Niki Indriya Sari_BAB I.pdf - Published Version Download (353kB) | Preview |
Text (Bab II)
201803051_Niki Indriya sari_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
201803051_Niki Indriya Sari_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
201803051_Niki Indriya Sari_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
201803051_Niki Indriya Sari_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
201803051_Niki Indriya Sari_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
Text (Lampiran)
201803051_Niki-Indriya-Sari_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji efektvitas model Conceptual Understanding Procedures terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) menguji efektivitas model hybrid learning terhadap kemampuan berpikir kritis (3) menguji perbedaan efektifitas model CUPs dan hybrid learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika kelas V. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian ini menggunakan eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Dimana kelompok eksperimen 1 maupun kelompok eksperimen 2 serta kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Kelompok eksperimen 1 dan eksperimen 2 serta kontrol dilakukan tes awal. Ketiga kelompok mendapatkan perlakuan berbeda, dimana kelompok eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Hybrid Learning dan kelompok eksperimen 2 menggunakan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs), sedangkan kontrol menggunakan model ekspositori dan diakhiri dengan tes akhir untuk masing-masing kelompok.Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SDN Gugus Roro Suli terdiri dari sekolah SDN Dengkek 01 dengan 27 siswa, SDN Sidoharjo dengan 27 siswa, dan SDN Geritan dengan 31siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitiannya adalah SDN Dengkek 01 sebagai kontrol dan SDN Sidoharjo sebagai kelas eksperimen 1 sedangkan SDN Geritan sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Pengujian hipotesis yang akan dianlisis yaitu menggunakan uji Independet T-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian diperoleh yaitu (1) Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pembelajaran Matematika SD; (2) Model hybrid learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pembelajaran Matematika SD; (3) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran Matematika SD dengan model hybrid learning dan CUPs. Adapun perbedaan dari setiap indikator kemampuan berpikir kritis yang mempunyai rata-rata paling tinggi yaitu pada indikator penarikan kesimpulan. Indikator tersebut memperoleh nilai dengan rata-rata 90%, artinya bahwa siswa sudah mampu menarik kesimpulan dari persoalan-persoalan yang diberikan dengan baik dan benar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr Sri Utaminingsih,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr Nur Fajre,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | CUPs, Hybrid Learning, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 21:30 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 21:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18599 |
Actions (login required)
View Item |