Analisis pengaruh gaya komunikasi kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru tidak tetap (gtt) di sd negeri jekulo

SETIYANA, ANNISA (2023) Analisis pengaruh gaya komunikasi kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru tidak tetap (gtt) di sd negeri jekulo. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL_ANNISA SETIYANA_201803015.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I_ANNISA SETIYANA_201803015.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II_ANNISA SETIYANA_201803015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III_ANNISA SETIYANA_201803015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV_ANNISA SETIYANA_201803015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V_ANNISA SETIYANA_201803015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_ANNISA SETIYANA_201803015.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN_ANNISA SETIYANA_201803015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis pengaruh gaya komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru tidak tetap (GTT) pada SD Negeri se-kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, 2) menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru tidak tetap (GTT) pada SD Negeri se-kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, 3) menganalisis pengaruh gaya komunikasi kepala sekolah dan kompensasi secara berganda terhadap kinerja guru tidak tetap (GTT) pada SD Negeri se-kecamatan Jekulo kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Peneliti melakukan observasi dilapangan berupa angket yang di isi langsung oleh GTT yang menjadi sampel penelitian. Dari populasi 135 guru tidak tetap se-Kecamatan Jekulo, diambil sampel 100 guru. Setelah diperoleh data, kemudian peneliti mengolahnya dengan menggunakan metode analisis data statistik deskriptif, uji instrumen, dan uji asumsi klasik. Setelah itu, dilakukan pengujian hipotesis yang terdiri dari uji t, uji f, koefisien determinasi, dan analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian diperoleh bahwa 1) hasil analisis data menunjukkan H1 diterima. Artinya semakin tinggi komunikasi dengan subindikator komunikasi vertikal ke bawah, komunikasi vertikal ke atas, dan komunikasi horizontal antara guru dan kepala sekolah secara signifikan dapat meningkatkan kinerja guru. Hasil perhitungan didapat nilai t hitung sebesar 2,076 > ttabel 1,985 dengan tingkat nilai signifikan 0,001 kurang dari 0,05. Menunjukkan variabel indikator berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Berdasarkan persamaan regresi terlihat bahwa koefisien variabel-variabel indikator komunikasi adalah positif, hal ini berarti meningkatnya tanggapan responden terhadap indikator komunikasi dapat berakibat pada peningkatan kinerja guru, 2) Hasil analisis data menunjukkan bahwa H2 diterima. Artinya semakin tinggi kompensasi dengan sub indikator gaji yang sesuai dengan pekerjaan, insentif yang sesuai, tunjangan yang sesuai, dan pemberian fasilitas yang memadai secara signifikan dapat meningkatkan kinerja guru. Hasil perhitungan di dapat nilai t hitung 2,463 > 1,985 T tabel dengan tingkat signifikan sebesar 0,001. Apabila dengan tingkat nilai signifikan kurang dari 0,05. Menunjukkan variabel indikator kompensasi dapat berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Berdasarkan persamaan regresi terlihat bahwa koefisien variabel indikator kompensasi adalah positif, hal ini berarti meningkatnya tanggapan responden terhadap indikator kompensasi dapat berakibat pada peningkatan kinerja guru, 3) berdasarkan perhitungan uji F diketahui nilai signifikan untuk pengaruh komunikasi dan kompensasi secara simultan terhadap kinerja guru adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 32,670 > F tabel 2,698, sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh komunikasi kepala sekolah dan kompensasi secara simultan terhadap kinerja guru tidak tetap di Kecamatan Jekulo. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) kepala sekolah dapat berkomunikasi secara aktif dan bijaksana menghadapi guru begitu sebaliknya dan hendaknya bertindak tegas dalam menerapkan peraturan kedisiplinan pegawai dan sebagai guru yang profesional, sebaiknya mempunyai rasa kedisiplinan yang tinggi tanpa adanya paksaan dan teguran dari pihak luar, 2) semoga GTT tidak hanya bekerja dengan mengandalkan imbalan semata, tetapi juga bekerja dengan hati yang ikhlas. Dan semoga pemerintah memberikan kompensasi terhadap GTT dengan selayaknya, 3) bagi peneliti, semoga dapat dijadikan sebagai bahan kajian atau referensi serta menambah wawasan untuk melakukan kajian yang berhubungan dengan kinerja guru ke depannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr Sri Utaminingsih,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr Su'ad,M.Pd
Kata Kunci: komunikasi kepala sekolah, kompensasi, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jul 2023 22:43
Last Modified: 10 Jul 2023 22:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18606

Actions (login required)

View Item View Item