Pengembangan media belajar daring Aplikasi saku ipa (asipa) untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa kelas 5 sdn Kecamatan donorojo jepara

ZUNAIDI, MUHAMMAD (2023) Pengembangan media belajar daring Aplikasi saku ipa (asipa) untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa kelas 5 sdn Kecamatan donorojo jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan media belajar daring Aplikasi Saku IPA (ASIPA) pada siswa kelas 5 SDN Kecamatan Donorojo Jepara, mengetahui desain Aplikasi Saku IPA (ASIPA), mengetahui kelayakan media belajar daring Aplikasi Saku IPA (ASIPA) pada siswa kelas 5 SDN Kecamatan Donorojo Jepara, dan mengetahui efektivitas media belajar daring Aplikasi Saku IPA (ASIPA) pada siswa kelas 5 SDN Kecamatan Donorojo Jepara. Media pembelajaran daring Aplikasi Saku IPA atau selanjutnya disebut ASIPA, merupakan media pembelajaran berbentuk aplikasi di smartphone yang dapat diinstal secara daring, aplikasi ini berisi kamus istilah-istilah IPA yang telah diajarkan di kelas 5 dan dilengkapi dengan soal-soal evaluasi yang terkait dengan materi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengacu pada model Borg and Gall. Sumber penelitian ini adalah siswa dan guru kelas 5 SDN Kecamatan Donorojo Jepara. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data untuk kelayakan media pembelajaran menggunakan angket untuk ahli media dan ahli materi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya keterbutuhan media pembelajaran aplikasi ASIPA selama pembelajaran dilaksanakan secara daring, oleh guru dan siswa, (2) desain aplikasi ASIPA dibuat dengan tampilan yang memudahkan para siswa selama menggunakannya, dan menu-menu yang tersedia dalam aplikasi menunjukkan instruksi penggunaan yang jelas bagi siswa, (3) kelayakan aplikasi ASIPA menurut ahli media, ahli materi, guru dan siswa menunjukkan bahwa aplikasi ASIPA layak digunakan sebagai media pembelajaran daring pada mapel IPA, (4) efektivitas penggunaan media aplikasi ASIPA selama pembelajaran daring menunjukkan hasil yang signifikan, dilihat hasil mean dari pretest sebesar 62,65 sedangkan mean untuk hasil posttest sebesar 86,80. Hal tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar oleh siswa kelas 5 SDN Kecamatan Donorojo setelah menggunakan aplikasi ASIPA yaitu sebesar 39%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ASIPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Kecamatan Donorojo Jepara, serta layak dan efektif digunakan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Santoso, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Slamet Utomo, M.Pd
Kata Kunci: Media Belajar Daring, Aplikasi, IPA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jul 2023 22:39
Last Modified: 10 Jul 2023 22:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18607

Actions (login required)

View Item View Item