HIDAYAH, MU’THIA NURUL (2023) Pengembangan literasi digital pada pembelajaran tematik di sekolah dasar pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (478kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (198kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan literasi digital pada pembelajaran tematik di Pati. Pengembangan literasi difokuskan pada salah satu e-learinng yakni schoology. Shoology merupakan salah satu media e-learning yang memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui desain pembelajaran literasi digital di sekolah dasar, (2) untuk mengetahui efektifitas penggunaan literasi digital pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah pengembangan produk sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar di kecamatan Pati Kabupaten Pati di kelas V tahun pelajaran 2020/2021. Pengembangan literasi digital pada pembelajaran tematik menghasilkan beberapa komponen di antaranya: 1) sintak model pembelajaran Jigsaw berbasis Budaya Sekolah; 2) sistem sosial; 3) Prinsip reaksi; 4) Sistem pendukung; 5) dampak instruksional dan dampak pengiring. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengembangan literasi digital memperoleh kriteri valid, praktis dan efektif. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan literasi digital sholoogy yang dikembangkan sebesar 0,45% dengan kriteria sedang. Uji efektivitas pada pengembangan ini menggunakan pretest-postetst denganhasil perangkat pembelajaran dikatakan efektif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Erik Aditia Ismaya, MA |
Kata Kunci: | Pengembangan, literasi digital, pembelajaran tematik |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 23:00 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 23:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18610 |
Actions (login required)
View Item |