Azar, Saikhunal (2023) MANAJEMEN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR DI MTs SAFINATUL HUDA KEDUNG JEPARA. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (185kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (193kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis model perencanaan dan koordinasi yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun bahan ajar di MTs Safinatul Huda. 2) Menganalisis pelaksanaan penyusunan bahan ajar yang dilakukan oleh guru di MTs Safinatul Huda. 3) Menganalisis model evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kompetensi guru dalam menyusun bahan ajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi baik yang dilakukan oleh peneliti secara langsung maupun melalui bantuan pihak lain. Fokus penelitian ini adalah manajemen untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun bahan ajar yang inovatif dan kontekstual sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Berkaitan dengan itu, maka faktor-faktor yang berhubungan dengan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun bahan ajar juga akan diteliti secara mendalam. Seperti, faktor motivasi guru, kepemimpinan, latar belakang Pendidikan, supervisi yang dilakukan dan iklim sekolah. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) perencanaan dimulai dengan pembentukan tim pengembang kurikulum, menyusun dokumen perencanaan dan sosialisasi. Setelah itu baru dilakukan koordinasi pelaaksanaannya. 2) Kegiatan peningkatan kompetensi guru terkait dengan penyusunan bahan ajar dilakukan secara kolaborasi antara sekolah dengan MGMP dan KKMTS 02 Jepara. 3) evaluasi dilakukan dengan supervise dokumen dan supervise proses.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Rismiyanto,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.moch Widjanarko,M.Si |
Kata Kunci: | Manajemen, Kompetensi Guru, Bahan Ajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 21:33 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 21:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18632 |
Actions (login required)
View Item |