Nashihin, Zainun (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL REMBANG DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (331kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (180kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran CTL kelas IV SD berbasis kearifan lokal Rembang yang memiliki kesahihan dan keefektifan. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi hasil uji coba, uji validasi, revisi produk akhir , dan implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk bahan ajar. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV di Kecamatan Pamotan. Desain pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal ini terdiri atas 3 bagian yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagian isi modul terdiri atas kutipan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, konsep pembelajaran, serta latihan latihan. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli bahasa. Dari proses validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 3,56 dengan persentasi 89% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan validasi ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 3,67 dengan persentasi 92% dan kategori sangat baik.. Untuk hasil respons guru diperoleh hasil rata-rata 3,73 dengan jumlah skor 470 dengan kategori sangat baik. Untuk hasil respons peserta didik diperoleh hasil rata-rata 3,92 dengan jumlah skor 752 dengan kategori sangat baik. Pembelajaran tematik diterapkan pada kelas eksperimen dan hasil perhitungan N-gain adalah 0,63 dengan kategori sedang. Uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil tes tertulis pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh bahwa thitung adalah 6,1. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran CTLkelas IV SD berbasis kearifan lokal ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Suad,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Drs.Mohammad Kanzunnudin,M.Pd |
Kata Kunci: | modul pembelajaran, kearifan lokal, dan CTL |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 22:02 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 22:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18637 |
Actions (login required)
View Item |