Pengembangan modul pembelajaran sastra Berbasis kearifan lokal kabupaten rembang Untuk siswa kelas atas sekolah dasar

Shulkhan Tsania, M.Fuad (2023) Pengembangan modul pembelajaran sastra Berbasis kearifan lokal kabupaten rembang Untuk siswa kelas atas sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan modul sastra, membuat desain modul sastra, menganalisis kelayakan modul sastra, dan menganalisis keefektifan kebutuhan modul sastra untuk kelas atas sekolah dasar, berbasis kearifan lokal Kabupaten Rembang. Pengembangan modul sastra ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas atas sekolah dasar terhadap materi sastra. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran sastra berbasis kearifan lokal Kabupaten Rembang. Langkah dalam penelitian ini mengacu pada Borg and Gall yang memiliki 10 langkah atau tahapan. Namun, dalam perkembangannya, disederhanakan menjadi tujuh Langkah, yakni analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Penelitian dilakukan dengan menganalisis kebutuhan modul sastra, pengembangan desain modul, kelayakan modul, dan efektifitas penggunaan modul. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara, observasi dan angket. Observasi dilakukan saat studi pendahuluan, sementara hasil validasi ahli dan respon siswa diperoleh dari angket penilaian dengan skala likert. Hasil penelitian dan pengembangan modul ajar sastra berbasis kearifan lokal Kabupaten Rembang menunjukkan bahwa produk ini terbukti layak karena mendapatkan skor yang masuk dalam kategori sangat baik dari validator ahli materi, ahli media, ahli Bahasa dan pengguna di lapangan. Validator ahli materi memberikan nilai 63 atau setara dengan 84%, validator ahli media memberikan skor 122 atau setara dengan 81,3% dan validator ahli Bahasa memberikan nilai 124 atau setara dengan 82, 67% dan semuanya masuk dalam kategori sangat layak. Dalam uji coba produk di lapangan, mendapatkan nilai 460 atau 92% dari 10 guru, serta angket dengan skor 1.736 atau 93,84% dari siswa. Untuk uji efektifitas dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa kelas eksperimen menjadi 87,80 dibandingkan dengan kelas kontrol yang berada di angka 75,65. Sementara uji t memperoleh nilai t hitung = 5,405, dengan taraf signifikansi 0,000< α = 0,05. Dengan demikian, maka “Pengembangan Modul Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Rembang Untuk Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar terbukti sesuai kebutuhan, layak dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Drs.Achmad Hilal Madjdi,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Drs.Mohammad Kanzunnudin,M.Pd
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Sastra, Kearifan Lokal Rembang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 Jul 2023 20:09
Last Modified: 16 Jul 2023 20:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item View Item