Pengembangan media interaktif berbasis e-ape Untuk pembelajaran bahasa bagi anak usia dini Di kecamatan donorojo kabupaten jepara

Khafidhoh, Elok (2023) Pengembangan media interaktif berbasis e-ape Untuk pembelajaran bahasa bagi anak usia dini Di kecamatan donorojo kabupaten jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian: 1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media; 2) menyusun desain pengembangan media; 3) menganalisis kelayakan pengembangan media; dan 4) menganalisis keefektifan pengembangan media interaktif berbasis E-APE untuk pembelajaran bahasa pada anak usia dini di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Penelitian dan pengembangan ini mengembangkan produk model pembelajaran didasarkan pada teori Borg dan Goll, meliputi: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir dan desiminasi. Uji coba keefektifan diigunakan quasy experiment dan rancangan non equivalent control group design, sedangkan teknik pengumpulan data digunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun uji prasyarat meliputi: uji normalitas dan homogenitas, analisis hipotesis digunakan uji validitas produk dan uji keefektifan menggunakan uji t. Hasil penelitian 1) guru dan siswa membutuhkan pengembangan media interaktif berbasis E-APE untuk pembelajaran bahasa pada anak usia dini di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara; 2) Desain pengembangan media interaktif berbasis E-APE untuk pembelajaran bahasa pada anak usia dini di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara diberinama AYOMA (Ayo Belajar Bersama) dengan beberapa pilihan menu tema diantaranya adalah tema diri sendiri, olah raga, transportasi dan lingkungan. Desain ini disajikan dalam bentuk elekteronik dengan kombinasi warna dasar coklat selain itu menyajikan foto dan kosakata dan musik untuk meningkatkan minat belajar anak; 3) kelayakan pengembangan media interaktif berbasis E-APE untuk pembelajaran bahasa pada anak usia dini di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara pada hasil uji validitas materi pada kategori sangat baik, kemudian pada uji validitas bahasa ada pada kategori sangat baik, hasil validasi media 1 ada pada kategori sangat baik dan validasi media 2 ada pada kategori sangat baik, demikian dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis E-APE layak digunakan dalam pembelajaran; 3) Keefektifan pengembangan media interaktif berbasis E-APE untuk pembelajaran bahasa pada anak usia dini di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media interaktif berbasis E-Ape efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini dibanding dengan pembelajaran tanpa menggunakan media interaktif berbasis E-Ape.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Irfa'i Fatkhurrohman.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Wawan Shokib Rondi.M.Pd
Kata Kunci: Media Interaktif E-APE, Bahasa, Anak Usia Dini.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 Jul 2023 20:50
Last Modified: 16 Jul 2023 20:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18673

Actions (login required)

View Item View Item