Kurniawan, Edi (2023) Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis tradisi rembang untuk pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas v Sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (649kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (324kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (456kB) | Preview |
Text (Lmpiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk 1) Menganalisis kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Tradisi Rembang Untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD. 2) Menghasilkan desain produk Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Tradisi Rembang Untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD. 3) Menganalisis kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Tradisi Rembang Untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD. 4) Menganalisis keefektifan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Tradisi Rembang Untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Teknik sampling dengan purposive sampling. Data yang digunakan kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian analisi kebutuhan menunjukan bahwa guru dan siswa kelas V sekolah dasar membutuhkan adanya media pop-up book. Desain pengembangan dilakukan melalui proses perencanaan dan menyusun desain dengan menentukan sampul dan menentukan tema Tradisi Rembang, yaitu sedekah bumi, sedekah laut, kupatan, tong-tong-tek, sungkeman, mitoni dan nyadran. Validasi ahli materi memperoleh skor 18 dengan kategori sangat baik. Validasi ahli media mendapatkan persentase 91,6% dengan kategori sangat layak. Respon angket siswa mendapatkan skor 93% sehingga media pop-up book mendapat respon positif. Angket respon guru mendapatkan 94,7% sehingga dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 000 < 0,05, selain itu nilai t hitung sebesar 7,888 dan nilai t tabel dengan df=18 sebesar 2,1788 maka nilai t hitung > t tabel (7,888 > 2,1788). Uji coba luas mendapatkan adanya peningkatan nilai rata-rata pre test dan post test. Nilai rata-rata pre test sebesar 14.23, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 23.83. Hasil analisi nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh efektivitas
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Drs.Mohammd Kanzunnudin,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Irfa'i Fathurohman,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran Pop Up Book, Keterampilan Menulis Narasi, Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Tradisi Rembang |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 21:53 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 21:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18687 |
Actions (login required)
View Item |