Pengembangan buku ajar berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran ipa pada kelas iv di desa Kaliwungu kabupaten kudus

Zulfikar Amiruddin, Muhammad (2023) Pengembangan buku ajar berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran ipa pada kelas iv di desa Kaliwungu kabupaten kudus. Master thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (984kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (987kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Hasil awal berdasarkan data observasi dan wawancara tingkat IV SDN Kaliwungu 02 Kudus menemukan bahwa masalah pembelajaran IPA belum optimal dan ketersediaan sumber belajar pembelajaran IPA masih terbatas pada buku guru dan buku siswa. Buku. Selain itu, peta mental yang digunakan oleh siswa tidak cukup memadai dan siswa hanya mengandalkan survei tradisional. Hal ini mengakibatkan tingkat rata-rata hasil belajar IPA menjadi lebih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan buku teks pembelajaran IPA berdasarkan peta pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, validitas dan efektivitas pembelajaran IPA Tingkat IV Kabupaten Kudus Kaliwungu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan yang terdiri dari beberapa fase, antara lain potensi dan pertanyaan, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, review desain, pengujian produk, usability testing dan batch production. . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dari desa Kaliwungu. Uji coba produk SDN Kaliwungu 04 kelas empat memiliki 15 siswa sebagai kelas kontrol, dan uji coba juga dilakukan di kelas yang sama dengan 27 siswa SDN Kaliwungu 02 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan persentase deskriptif, uji normalitas, uji-t, dan uji margin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Buku teks A4 yang memenuhi kebutuhan guru dan siswa; (2) Kelayakan buku teks, ahli materi pelajaran 83% (sangat layak), ahli media 98% (sangat layak), ahli bahasa 89% (Sangat layak); (3) Dari perspektif hasil belajar siswa untuk melihat keefektifan bahan ajar, rata-rata perolehan pasca tes dihitung dengan N-Gain adalah 0,54, termasuk kategori rata-rata; (4) Hasil survei kuesioner guru-murid skala besar mencapai 91% dan 90%, dimana kelas berprestasi tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Buku teks A4 yang memenuhi kebutuhan guru dan siswa; (2) Kelayakan buku teks, ahli materi pelajaran 83% (sangat layak), ahli media 98% (sangat layak), ahli bahasa 89% (Sangat layak); (3) Dari perspektif hasil belajar siswa untuk melihat keefektifan bahan ajar, rata-rata perolehan pasca tes dihitung dengan N-Gain adalah 0,54, termasuk kategori rata-rata; (4) Hasil survei kuesioner guru-murid skala besar mencapai 91% dan 90%, dimana kelas berprestasi tinggi..

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Drs.Mohammad Kanzunnudin,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Khamdun,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: buku ajar, hasil belajar IPA, mind mapping
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Jul 2023 18:50
Last Modified: 20 Jul 2023 18:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18720

Actions (login required)

View Item View Item