Pengembangan bahan ajar tematik berbasis situs sejarah untuk pembelajaran keterampilan Membaca pemahaman siswa kelas iv Sekolah dasar

Nur Afifah, Siti (2023) Pengembangan bahan ajar tematik berbasis situs sejarah untuk pembelajaran keterampilan Membaca pemahaman siswa kelas iv Sekolah dasar. Master thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini 1) Menganalisis kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Situs Sejarah untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. 2) Membuat desain Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Situs Sejarah untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. 3) Menguji kelayakan melalui expert judgement (ahli) desain Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Situs Sejarah untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. 4) Menemukan keefektifan Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Situs Sejarah untuk Pembealajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar. Teknik sampling dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa wawancara, observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil analisis kebutuhan melalui wawancara siswa mendapatkan anak tertarik jika bahan ajar membantu meningkatkan kemampuan membaca dengan bantuan materi situs sejarah. Wawancara guru diperoleh hasil selama ini guru menggunakan buku yang ada. Guru kesulitan membuat media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca. Hasil observasi pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran, semua anak kurang tertarik dan anak kurang aktif dalam pembelajaran membaca. Observasi aktivitas siswa menunjukan anak kurang memahami materi yang disampaikan, anak kurang aktif bertanya. Observasi guru, didapatkan guru kurang menggunakan materi yang mudah diterima, guru tidak menggunakan media runtut, pembelajaran kurang menyenangkan, metode sulit untuk pembelajaran. Pengembangan bahan ajar menyusun materi, ukuran, langkah penggunaan bahan ajar, menyusun kompetensi dasar (KD), kompetensi inti (KI) dan Indikator. Uji kelayakan dengan validasi ahli media diperoleh skor 95.8%, dalam kategori valid. Validasi ahli materi diperoleh skor 17.5 dengan kategori valid. Hasil angket guru menunjukan 92% dengan kategori sangat suka. Hasil angket respon anak menunjukan 136 atau 85% dengan katagori sangat suka. Analisis uji coba terbatas mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, selain itu nilai t hitung sebesar -7.800 dan nilai t tabel dengan df=18 sebesar 2,1788 maka nilai t hitung > t tabel (7.800 > 2,1788). Hasil uji coba luas mendapatkan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh efektivitas atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Situs Sejarah efektif untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Drs.Mohammad Kanzunnudin,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Irfai Fathuroman,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Bahan Ajar Tematik, Situs Sejarah, Keterampilan Membaca Pemahaman
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Jul 2023 19:28
Last Modified: 20 Jul 2023 19:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18724

Actions (login required)

View Item View Item