Pengembangan media konngulang berbasis permainan dakon untuk operasi hitung pembagian bilangan cacah bagi siswa sekolah dasar

Wahyu Dinarko, Toni (2023) Pengembangan media konngulang berbasis permainan dakon untuk operasi hitung pembagian bilangan cacah bagi siswa sekolah dasar. Master thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan kebutuhan media operasi hitung pembagian bagi peserta didik di sekolah dasar, menguji desain pengembangan media konngulang berbasis permainan dakon dalam operasi hitung pembagian bilangan cacah bagi siswa sekolah dasar, dan menguji kelayakan media Konngulang berbasis permainan dakon dalam operasi hitung pembagian bilangan cacah bagi siswa sekolah dasar. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode R&D. Metode penelitian ini didasarkan pada teori Borg dan Gall dengan tujuh tahapan pelaksanaan penelitian, yaitu pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, revisi produk, uji penggunaan produk, dan revisi hasil uji produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan angket. Dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari wawancara, observasi pembelajaran, dan validasi produk media Konngulang. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru kelas III dan siswa kelas III sekolah dasar di gugus Gugus Diponegoro Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Hasil penelitian ini berupa produk media Konngulang, dan buku panduan penggunaan media konngulang yang berbasis pada permainan tradisional dakon. Pada buku panduan meliputi prakata, daftar isi, pengertian media konngulang, bahan dan alat pembuatan, cara pembuatan, komponen media, bagian-bagian media, dan petunjuk penggunaan media konngulang. Kelayakan media ini dapat terlihat dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa serta diperkuat hasil respon guru dan siswa. Validasi yang diberikan oleh ahli media diperoleh jumlah skor 43 persentase 89,6% dengan kategori valid. Validasi yang diberikan ahli materi diperoleh jumlah skor 45 persentase 93,7% dengan kategori valid. Dan Validasi yang diberikan oleh ahli bahasa memperoleh jumlah skor 44 persentase 91,6% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil validasi tiga ahli tersebut diperoleh rata-rata prosentase 91,6% dengan kategori valid. Hasil validasi tersebut diperkuat dengan hasil respon guru, dengan skor 422 persentase 93,7% termasuk kategori sangat baik. Hasil respon siswa diperoleh skor 1.168 persentase 91,25% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan hasil respon guru serta siswa, maka media konngulang dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran operasi hitung pembagian bilangan cacah kelas III sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Drs.Mohammad Kanzunnudin,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Achmad Hilal Madjdi,M.Pd
Kata Kunci: media Konngulang, permainan dakon, pembagian, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Jul 2023 19:43
Last Modified: 20 Jul 2023 19:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18730

Actions (login required)

View Item View Item