GUSTANU, PENDIT (2023) Pemanfaatan aplikasi quiz-quizizz sebagai media pembelajaran ipas kelas iv dalam implementasi kurikulum merdeka di sdn wonorejo 1 kabupaten kediri. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (782kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (487kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (479kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pemanfaatan, dan evaluasi aplikasi Quiz-quizizz sebagai media pembelajaran IPAS di kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Wonorejo 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri yang dilihat dari dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Salah satu hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah pembelajaran di SDN Wonorejo 1 kurang menarik, karena masih menggunakan media pembelajaran yang belum berbasis IT. Sehingga, siswa kurang tertarik untuk belajar. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penggunaan media aplikasi Quiz quizizz adalah solusi dalam mengatasi masalah pembelajaran tersebut. Quizizz adalah salah satu media pembelajaran yang di dalamnya terdapat fitur kuis, survei, game, diskusi dan beberapa game lain yang sifatnya interaktif dan sangat cocok di gunakan dalam implementasi kurikulum merdeka, terutama sebagai media dan bahan untuk menarik akan minat belajar siswa dalam proses pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan mengambil 9 kali sampel dalam penelitian ini, yaitu : guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media aplikasi quiz-quizizz sangat cocok diterapkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka, karena dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya tiga sudut penelitian. Dari sudut perencanaan bahwa media quiz-quizizz adalah media pembelajaran yang cocok diterapkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka karena media ini memiliki fitur game, berbasis teknologi. Sedangkan dari sudut pemanfaatan media aplikasi quiz-quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan dibuktikan bahwa siswa lebih antusias dan tertarik dalam belajar. Dari sudut evaluasi media aplikasi quiz-quizizz memeliki kelebihan diantaranya media ini mempunyai fitur game, berbasis online, dan sangat cocok diterapkan dalam unsur pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, dan Collaboration (4C). Dari penelitian ini disarankan bahwa guru diharapkan menggunakan media aplikasi quiz-quizizz dalam pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka saat pelaksanaan pembelajaran, selain itu aplikasi quiz-quizizz mampu menarik minat belajar siswa. Sehingga berakibat akan meningkatnya nilai prestasi belajar siswa dan minat untuk belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Dra Sri Surachmi W, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Drs. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd. |
Kata Kunci: | Aplikasi Quiz-quizizz, Kurikulum Merdeka, Implementasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 20:05 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 20:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18731 |
Actions (login required)
View Item |