Yunianna, Yunianna (2023) Pengaruh model project based learning (pjbl) dengan pendekatan steam (science, technology, engineering, Art and mathematics) terhadap kreativitas dan Sikap kooperatif anak usia dini di rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (489kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (255kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (248kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Pendididikan anak usia dini penting untuk terus dilakukan inovasi, salah satu dengan model pembelajaran sehingga kreativitas dan sikap kooperatif anak dapat berkembang sesuai dengan perkembangan usainya. Oleh karena itu guru hendaknya terus mengenal model-model pembelajaran yang bisa menstimulasi anak dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Menganalisis pengaruh model Project Based Learning berbantuan STEAM terhadap kreativitas anak usia dini di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang 2) Menganalisis pengaruh model Project Based Learning berbantuan STEAM terhadap sikap kooperatif anak usia dini di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang dan 3) Menganalisis perbedaan pengaruh model Project Based Learning berbantuan STEAM antara kreativitas dan sikap kooperatif anak usia dini di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. Penelitian ini jenis kuantitatif desain quasi experimental non equivalent pre test-post test control group design. Populasi anak usia dini di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang berjumlah 764 anak. teknik sampel purposive sampling. Sampel yaitu di TK Dharma Wanita II (15 anak), TK Tunas Harapan (15 anak), TK Star Kids (15 anak). Pengumpulan data dengan observasi dilakukan untuk melihat kegiatan anak sebelum (pretest) dan sesudah pembelajaran tentang kreativitas dan sikap kooperatif (posttest) melalui instrumen penilaian. Hasil penelitian bahwa 1) Model pembelajaran project based learning berbantuan STEAM berpengaruh terhadap kreativitas anak usia dini berdasarkan nilai thitung > t Tabel dan nilai sig 0,000 < 0,05. 2) Model pembelajaran project based learning berbantuan STEAM berpengaruh terhadap sikap kooperatif anak usia dini berdasarkan nilai thitung > t Tabel dan nilai sig 0,000 < 0,05. 3) Model project based learning dengan pendekatan STEAM lebih lebih efektif dalam meningkatkan kreativititas dan sikap kooperatif anak dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, hal tersebut berdasarkan nilai kreativitas (80,50 > 56,00) dan sikap kooperatif (80,00 > 54,67) anak dengan menggunakan model pembelajaran project based learning melalui pendekatan STEAM lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A. |
Kata Kunci: | Model Project Based Learning, STEAM, Kreativitas, Sikap Kooperatif, Anak Usia Dini. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 20:21 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 20:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18738 |
Actions (login required)
View Item |