Pengembangan metode montessori berbasis Game edukasi kognitif anak usia dini Di tk negeri kabupaten rembang

Masruroh, Masruroh (2023) Pengembangan metode montessori berbasis Game edukasi kognitif anak usia dini Di tk negeri kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian (1) menganalisis kebutuhan game edukasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak; (2) menganalisis desain pengembangan media game edukasi untuk meningkatkankan kemampuan kognitif anak; (3) menganalisis kelayakan game edukasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak; (4) menganalisis keefektivan game edukasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Negeri Kabupaten Rembang. Perkembangan kognitif adalah perubahan yang terjadi dalam berpikir, kecerdasan dan bahasa anak untuk memberikan alasan sehingga anak dapat mengingat, menyusun strategi secara kreatif, berpikir. Montessori adalah metode pendidikan yang berbeda dengan sistem pendidikan reguler pada umumnya. Metode ini kian populer karena dipercaya dapat mengembangkan potensi anak dengan cara mengeksplorasi berbagai kegiatan. Kegiatan pembelajaran ini nantinya disesuaikan dengan minat dan bakat anak. Game edukasi merupakan suatu kegiatan yang mendidik yang sifatnya menyenangkan dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan berpikir, meningkatkan konsentrasi serta memecahkan masalah Metode penelitian ini adalah R&D/Research and Development dengan rancangan penelitian Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah populasi 7 TK Negeri dan sampel 2 TK Negeri dengan jumlah murid perkelas minimal 15 anak. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan angket dengan analisis data menggunakan analisis interaktif melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Guru membutuhkan pengembangan metode pembelajaran yang dapat mendorong anak menganalisa, berfikir kritis dan menemukan sesuatu. metode yang dikembangkan ini berbantu game edukatif untuk mengstimulasi kecerdasan kognitif anak secara lebih menyenangkan dan konsep belajar sambil bermain. (2) Desain pengembangan metode montessori berbasis “game edukasi” untuk mengembangkan kemampuan kognitif. (3) Metode montessori berbasis “game edukasi” layak digunkaan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK Negeri Kabupaten Rembang. (4) Metode montessori berbasis “game edukasi” efektif dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK Negeri Kabupaten Rembang. Kesimpulan: metode montessori berbasis game edukasi efektif dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Dr.Santoso,S.Pd, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Metode Motessori, Game Edukasi, Kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Jul 2023 19:53
Last Modified: 21 Jul 2023 19:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18759

Actions (login required)

View Item View Item