NUBUAH, UYUNUN (2023) Pengembangan modul pembelajaran pendidikan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran siswa sekolah dasar kelas iv. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (290kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (231kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan Modul Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal bagi guru dan siswa di sekolah dasar; (2) membuat desain Modul Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Rembang sebagai sumber belajar alternatif bagi anak-anak usia sekolah dasar; (3) menganalisis kelayakan Modul Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal sebagai sumber belajar alternatif bagi siswa sekolah dasar; (4) menganalisis respon guru dan siswa terhadap Modul Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal sebagai sumber belajar alternatif bagi siswa sekolah dasar. Metode Penelitian menggunakan desain Research and Development dengan 10 tahapan yaitu; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Sampel dalam Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Dadapan Sedan Rembang. Sedangkan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Data Penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan Instrumen Penelitian ini adalah wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara kedua sampel melalui uji-t. Hasil Penelitian diperoleh analisa kebutuhan melalui hasil observasi dan wawancara siswa belum menggunakan modul pembelajaran lingkungan hidup yang sesuai sehingga siswa merasa kesulitan dalam meningkatkan kemampuannya. Modul Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal melalui proses analisis rencana pelaksanaan, menentukan tema, menentukan tujuan, sumber belajar, membuat buku cerita. Pengembangan diawali dengan studi pendahuluan, analisis, perumusan pengembangan media pembelajaran, desain media, prototype dan pengembangan instrument. Validasi ahli media didapatkan skor 94,6% (valid), validasi ahli materi mendapatkan 87.5% (valid). Hasil analisa efektivitas didapatkan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh efektivitas atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari Penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal sebagai sumber belajar alternatif bagi siswa sekolah dasar efektif dalam Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas IV.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd. DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Drs. Mohammad Kanzunudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Modul, Kearifan Lokal, Pendidikan Lingkungan Hidup |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 20:03 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 20:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18762 |
Actions (login required)
View Item |