Noor Baity, Annisa (2023) Analisis kedisiplinan siswa kelas v dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri 5 telukwetan jepara. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (911kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (307kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (645kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (421kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
Abstrak
Kedisiplinan siswa harus dimulai sejak dini dan dari sekolah anak akan belajar menanamkan kedisiplinan. perlu adanya peran guru dan bekerjasama dengan orangtua. strategi yang digunakan oleh guru tentunya harus memberikan contoh sebagai tauladan serta panutan ketika anak di sekolah, untuk itu penting guru menentukan strategi yang akan digunakan. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana kedisiplinan siswa kelas V dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 5 Telukwetan Jepara. Srategi guru merupakan cara guru dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa, karena strategi guru digunakan sebagai tolak ukur dari keberhasilan guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode penelitian kualitatif pendakatan fenomonologi. Subjek penelitian yang diguanakan yaitu guru kelas atau wali kelas, dan siswa kelas V yang ditentukan berdasarkan kriteria peneliti. dengan jumlah siswa 10 orang. Teknik dan instrument penelitian yang digunakan yaitu berupa observasi, dan wawancara. Analisis data kualitatif yang digunakan dengan mereduksi data, penyajian data, kesimpulan sekaligus verifikasi data dan uji keabsahan data. Hasil penelitian di SD N 5 Telukwetan kedisiplinan ditunjukkan Sekolah memiliki peraturan berupa tata tertib kelas. Metode yang ada gunakan untuk menanamkan disiplin pada siswa dengan memberikan sanksi berupa denda dan hukuman. Kebiasaan Guru selalu memberikan teladan yang baik kepada siswa dengan datang tepat waktu. Hukuman yang diberikan Guru dengan menegur, denda sampai lari keliling sekolahan. Penghargaan untuk anak yang disiplin dengan memberikan tepuk tangan, diberikan alat tulis dan diberikan makanan ringan. Strategi guru kelas dalam menanamkan karakter disiplin siswa kelas V di SD N 5 Telukwetan Problematika yang dihadapi guru dalam penanaman kedisiplinan siswa terletak pada perhatian orang tua ketika dirumah, faktor penghambat masih ada siswa yang terlambat masuk sekolah. serta faktor pendukung perlu adanya perhatian orangtua, dan cara meningkatkan kedisiplinan dengan memberikan hukuman pada siswa yang melanggar disiplin dari teguran sampai lari 5 kali putaran. Simpulan menerapkan disiplin pada anak dengan membuat peraturan dikelas dan memberikan hukuman pada siswa yang melakukan pelanggaran lebih dari sekali, komunikasi orang tua dan guru baik dan kooperatif. Saran supaya pemberikan hukuman lebih edukatif dan kreatif ke siswa, agar siswa tidak merasa diberikan hukuman.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Siti Masfuah,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :M.Syafruddin Kuryanto,S.Si.,M.or |
Kata Kunci: | Kedisiplinan, Siswa SD, Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 21:20 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 21:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18773 |
Actions (login required)
View Item |