Artianing Tyas, Sofia (2023) Student teachers’ challenges in classroom management in teaching english during teaching internship in sman 1 jakenan pati. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (700kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (270kB) | Preview |
Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Dafatar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (340kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (970kB) | Request a copy |
Abstrak
Dalam proses pengajaran, manajemen kelas merupakan salah satu keterampilan mengajar yang sangat penting bagi guru untuk menjaga kelasnya kondusif untuk belajar dan untuk menjaga kelas berperilaku baik. Namun, dalam praktek mengajar yang sebenarnya, banyak mahasiswa mendapatkan tantangan karena kurangnya bekal pengetahuan dan pelatihan dalam pengelolaan kelas yang efektif. Sangat penting bagi calon guru untuk memahami manajemen kelas secara mendalam dan bersiap dengan solusi untuk mengatasi tantangan yang ada sehingga bisa meningkatkan kesiapan dalam mengajar. Berdasarkan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan strategi guru untuk mengatasi manajemen kelas dalam mengajar bahasa Inggris selama magang mengajar yang dihadapi oleh mahasiswa di SMAN 1 Jakenan Pati. Penelitian ini menggunakan teori pengelolaan kelas dari (Garrett, 2014). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus yang menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai instrumen penelitian ini. Sumber data penelitian ini adalah tujuh siswa semester tujuh jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun pelajaran 2022/2023 yang melakukan magang mengajar di SMAN 1 Jakenan Pati. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa ada lima tantangan menejemen kelas saat mengajar bahasa inggris selama magang mengajar di SMAN 1 Jakenan Pati. Tantangan tersebut diantaranya yaitu menata meja siswa, mencegah siswa ribut dan menggunakan ponsel selama pembelajaran, memberikan bantuan tambahan, memotivasi siswa untuk belajar, dan mencegah serta memberikan konsekuensi atas tindakan siswa yang nakal. Ada lima strategi untuk mengatasi tantangan pengelolaan kelas dalam pengajaran bahasa Inggris selama magang mengajar di SMAN 1 Jakenan Pati menata meja siswa dengan baik, memberikan peringatan kepada siswa, memberikan bantuan tambahan dan bersikap ramah, menjadi guru yang memotivasi, dan menjadi guru yang tegas. Peneliti berharap penelitian ini bisa digunakan mahasiswa sebagai refleksi untuk menganalisa tantangan dan strategi dalam menejemen kelas. Untuk dosen supaya membekali pengetahuan dan pelatihan dalam menejemen kelas yang baik, dan untuk peneliti selanjutnya semoga bisa menemukan tantangan dan strategi di dalam komponen lain yang peneliti belum temukan di penelitian ini.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Rismiyanto,SS.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Farid Noor Romadlon,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Mahasiswa Guru, Tantangan, Pengelolaan Kelas, Pengajaran Bahasa Inggris, Magang Mengajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 21:59 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 21:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18777 |
Actions (login required)
View Item |